Gubernur Sulsel Setujui Iwan Asaad Jadi Sekda Parepare

MAKASSAR, suaraya.news — Gubernur Sulsel Prof Dr HM Nurdin Abdullah menyetujui pengangkatan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Parepare, H Iwan Asaad menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare.

Itu setelah terbit surat Gubernur Sulsel tertanggal 11 Oktober 2018 bernomor 800/5330/BKD perihal pengangkatan dalam jabatan Sekretaris Daerah Kota Parepare ditujukan kepada Wali Kota Parepare.

Dalam surat itu, gubernur menyetujui nama Iwan Asaad, yang berpangkat/golongan Pembina Utama Muda IV/C, jabatan saat ini Kepala Bappeda Parepare, sebagai Sekda Parepare.

Surat itu dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Ashari F Radjamilo, Jumat, 12 Oktober 2018.

“Iya benar, sudah ada surat persetujuan gubernur untuk pengangkatan Sekda Parepare,” kata Ashari yang juga Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Sulsel.

Soal kapan pelantikan Sekda Parepare, menurut Ashari, tergantung Wali Kota Parepare. “Tergantung Pak Wali Kota kapan dilantik, semua persyaratan sudah terpenuhi,” lanjut Ashari.

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parepare, Adriani Idrus yang dikonfirmasi terpisah, Jumat, 12 Oktober 2018, juga membenarkan persetujuan gubernur itu.

“Surat ini merupakan persetujuan Gubernur Sulawesi Selatan untuk pengangkatan satu nama calon Sekda Parepare yang diusulkan oleh Wali Kota Parepare,” ungkap Adriani.

“Dan Gubernur Sulawesi Selatan juga sudah menindaklanjuti dengan meminta izin pelantikan Sekda Parepare ke Menteri Dalam Negeri,” lanjut Adriani.

Nama Iwan Asaad menguat menjadi Sekda Parepare menyusul hasil seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Parepare, menempatkan dia di posisi pertama dengan nilai tertinggi.

Namun Iwan Asaad sebelumnya sudah menjabat Plt Sekda kemudian menjadi Pj Sekda sejak 1 Oktober 2017 atau sudah berlangsung 12 bulan lebih.

Sekda Parepare sebelumnya Drs Mustafa Mappangara, pensiun 30 September 2017, digantikan Iwan Asaad menjadi Plt Sekda, lalu kemudian Pj Sekda hingga saat ini. (*)