Unggul Kesehatan Sekolah, SMPN 4 Wakili Parepare ke Provinsi

PAREPARE, suaraya.news — Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Parepare akan mewakili Parepare ke ajang lomba usaha kesehatan sekolah (UKS) tingkat Provinsi Sulsel.

Itu setelah SMPN 4 ditetapkan menjadi juara satu lomba UKS tingkat Kota Parepare. Juara dua adalah SMPN 11 dan juara tiga SMPN 6.

Kepala SMPN 4 Parepare, Makmur SPd MM mengatakan, Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe yang mengumumkan langsung pemenang lomba UKS saat upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional di halaman kantor wali kota, Rabu, 17 Oktober 2018.

“Penilaian dilakukan sejak awal September 2018 dan diumumkan atau ditetapkan secara resmi pada 17 Oktober oleh Bapak Wali Kota Parepare,” ungkap Makmur, kepala sekolah berprestasi tingkat nasional.

Selanjutnya kata dia, SMPN 4 akan mewakili Parepare ke lomba UKS tingkat provinsi.

Guru SMPN 4 Parepare, Tamrin menambahkan, penilai lomba UKS adalah dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Kementerian Agama.

Apa keunggulan SMPN 4 sehingga ditetapkan menjadi jawara lomba UKS? Tamrin mengungkapkan, ada tiga keunggulan SMPN 4.

Pertama, memiliki ruangan khusus UKS yang luasnya sama dengan rata-rata ukuran kelas. Memiliki tiga tempat tidur pasien, obat-obatan dan alat kesehatan lengkap, buku administrasi kesehatan lengkap, dan memiliki banyak poster-poster ajakan hidup sehat.

“Kedua, UKS SMPN 4 dikelola empat orang guru dan satu tenaga kesehatan yang berkualifikasi S1 kesehatan masyarakat, ditambah tim siswa UKS sehat dan dua orang dokter kecil,” papar Tamrin.

Keunggulan lain SMPN 4 adalah lingkungan sekolah yang bersih dan hijau. Terdapat sarana yang mendukung pendidikan lingkungan hidup, antara lain Taman Obat (Toga), green house, pengomposan, tempat sampah terpilih, dan kantin sekolah yang memiliki jajanan sehat rendah pengawet makanan. (*)