Mau Sukses Berwirausaha, Ini Tips dari Herman Heizer

MAKASSAR, suaraya.news — Ketua Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulawesi Selatan, Herman Heizer berbagi tips berwira usaha kepada ratusan kaum milenial, pada acara Entrepreneur Talk, yang digelar di Mall Phinisi Point, Makassar, Minggu, 28 Oktober 2018.

Direktur Eksekutif Celebes Research Center (CRC) ini mengungkapkan, memulai sebuah usaha, seorang pengusaha harus memiliki komitmen yang kuat, mau belajar, serta mampu memanfaatkan waktu dengan baik.

Adik-adik harus bersungguh-sungguh ketika masih dalam tahap menuntut ilmu, lakukan yang terbaik. Urusan kita mau jadi apa nanti, itu urusan Tuhan,” pesan Herman.

Kemudian, Herman Heizer juga mengatakan, pentingnya kolaborasi dalam menjalankan usaha. Saat ini, sudah bukan zamannya lagi model petarung tunggal. Dengan kolaborasi, akan muncul ide-ide baru, serta meringankan beban kerja.

“Dengan berkolaborasi, pengusaha bisa lebih fokus untuk pengembangan usaha,” kata Herman.

Lanjut Herman, pengusaha juga harus senantiasa meningkatkan ilmu pengetahuannya guna memasarkan produknya, baik barang maupun jasa.

“Pengusaha yang mampu memahami konsumennya akan mampu menguasai pasar,” beber ayah dari tiga anak ini.

Pesan terakhir bagi calon wirausahawan yang disampaikan Herman Heizer adalah menjaga pergaulan serta berbakti kepada orang tua. (*)