Kepala SMPN 4 Parepare Jadi Pelatih Pembina Pramuka Level Nasional

PAREPARE, suaraya.news — Bertambah deretan pendidik Parepare yang berkiprah nasional. Kali ini Kepala SMPN 4 Parepare, Makmur SPd MM yang menyandang predikat pelatih pembina pramuka level nasional.

Itu setelah Makmur mendapatkan ijazah dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka hasil kursus pelatih pembina pramuka tingkat lanjutan.

Ijazah pelatih pembina pramuka tertinggi nasional ini diraih Makmur setelah mengikuti kursus di Pusdiklatnas Gerakan Pramuka Kwartir Nasional di Cibubur, Jakarta, 16-22 Oktober 2018.

“Hasil kursus ini bermanfaat bagi pengembangan Gerakan Pramuka khususnya di Parepare. Insya Allah, Gerakan Pramuka Parepare akan maju dan menasional,” kata Makmur, Kamis, 8 November 2018.

Ketua Pusdiklatnas Gerakan Pramuka, Prof. Dr. Suyatno, M.Pd. mengatakan bahwa tujuan diadakannya kursus KPL adalah agar para calon pembina dan pelatih pramuka punya daya kreativitas yang tinggi dalam mengajarkan pendidikan kepramukaan kepada adik-adik di luar maupun di dalam sekolah secara mandiri.

“KPL mandiri dimaksudkan agar peserta punya tanggung jawab yang lebih dalam mendidik anggota Pramuka sehingga berkarakter,” katanya.

Suyatno menuturkan, dengan kursus KPL ini, Kwarnas Gerakan Pramuka juga ingin membentuk pembina dan pelatih yang profesional dan berkualitas.

Sebab, kemahiran dan kepintaran pelatih sangat menentukan keberlangsungan Gerakan Pramuka dalam menjalankan program. (*)