Pra Musrenbang Parepare, Pemberdayaan Warga Hingga Peduli Lorong

PAREPARE, suaraya.news — Beragam aspirasi mencuat hingga hari ketiga, Rabu, 5 Desember 2018, Pra Musrenbang tingkat rukun warga (RW) yang dilakukan Bappeda Parepare.

Secara umum warga dan stakeholder sudah merasa puas dengan pembangunan sejauh ini, hanya mereka meminta untuk lebih ditingkatkan lagi.

Khususnya terkait pemberdayaan warga dan pembangunan infrastruktur seperti Peduli Lorong.

Aspirasi yang muncul di RW 3 Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, dan RW 4 Kelurahan Tirosompe, Kecamatan Bacukiki Barat misalnya, warga minta selain pembangunan fisik juga perhatikan pemberdayaan warga seperti pembekalan keterampilan kerja.

“Ya kalau ada yang bisa menjahit silakan usulkan pembekalan keterampilan menjahit dan lainnya. Usulkan saja, nanti akan dipilah mana yang menjadi skala prioritas kebutuhan warga,” pinta Fasilitator Kelurahan (Faskel) Labukkang, Abu Ubaedah

Abu Ubaedah menjelaskan, usulan-usulan yang belum terakomodir pada Musrenbang sebelumnya tetap ditampung dan akan diakomodir secara bertahap.

Pra Musrenbang Parepare kata dia, berbeda dengan daerah lain. Daerah lain langsung ke tingkat kelurahan, sementara Parepare memulai dari RW lalu ke tingkatan selanjutnya.

“Ini pun lebih cepat, karena seharusnya Pra Musrenbang dilakukan pada awal tahun 2019, karena ini Pra Musrenbang 2020, tapi kita sudah memulai di akhir tahun 2018,” papar Abu Ubaedah.

Selain Abu Ubaedah, Ketua LPMK Labukkang H Abd Hamid Amnas, beberapa warga, dan stakeholder hadir dalam Pra Musrenbang di rumah warga, Jalan Jambu itu. Pra Musrenbang di wilayah ini dipandu AM Dirham dari Bappeda.

Usulan tentang pemberdayaan warga dan peningkatan program Peduli Lorong juga mencuat di RW 4 Tirosompe dalam Pra Musrenbang yang dipandu Kabid Perencanaan SDM dan Sosbud Bappeda, H Andi Ardian.

Pra Musrenbang yang dominan dihadiri kaum perempuan ini mengusulkan tentang pemberdayaan warga khususnya perempuan. Serta Peduli Lorong yang dinilai sudah baik, namun masih perlu terus ditingkatkan.

Pra Musrenbang tingkat RW ini berlanjut Kamis, 6 Desember 2018, hingga Rabu, 12 Desember 2018. Targetnya, semua RW yang berjumlah 154 terakomodir dalam pelaksanaan Pra Musrenbang. (*)