Balai Ainun-Habibie Bakal Lebih Representatif, Dilengkapi Lift

PAREPARE, suaraya.news — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe siap menjadikan ikon baru Parepare, Balai Ainun Habibie menjadi lebih representatif.

Salah satu fasilitas yang akan dibangun adalah lift. Itu akan dianggarkan Pemkot Parepare melalui APBD 2020.

Selain menjawab keluhan pengunjung yang mayoritas kaum perempuan, itu juga lantaran selama ini gedung berlantai empat sebagai pusat oleh-oleh dan kegiatan perempuan tersebut hanya mengandalkan tangga.

Rencana ini dikemukakan Taufan Pawe usai melantik Pengurus TP PKK dan Dekranasda Parepare di Balai Ainun Habibie.

“Tahun 2020 kita anggarkan lift untuk Balai Ainun Habibie. Pak Sekda tolong ingatkan saya. Banyak sekali keluhan dari perempuan karena mereka harus naik tangga sampai di lantai empat, sehingga saya rasa kita perlu lengkapi lift di Balai Ainun Habibie,” ungkap Taufan Pawe.

Ketua TP PKK Parepare Hj Erna Rasyid Taufan sudah mengusulkan agar Balai Ainun Habibie dilengkapi fasilitas lift demi memudahkan perempuan mengakses gedung berlantai empat itu.

“Pak Wali sekiranya bisa dipikirkan agar Balai Ainun dilengkapi lift supaya tidak capekmi naik tangga kodong sampai lantai empat. Apalagi di lantai empat ada kafenya,” canda Erna Rasyid Taufan saat launching Pusat Oleh-oleh di Balai Ainun Habibie, 18 Agustus 2018.

Erna Taufan menguraikan fungsi setiap lantai di gedung itu. Lantai pertama dikhususkan sebagai pusat oleh-oleh, baik kuliner, maupun kerajinan tangan, seperti kerang, sutra, dan sejenisnya.

Lantai dua sebagai ruang pertemuan berkapasitas 400-500 orang. Lantai tiga sebagai kantor organisasi perempuan seperti PKK, Dekranasda, dan organisasi perempuan lainnya.

Sementara lantai empat dirancang menjadi kafe dengan menonjolkan view laut dan pemandangan Parepare. (*)