Irwan Muin, Pilihan Berpolitik Untuk Kebaikan dan Pengabdian

MAKASSAR, suaraya.news — Lama berkecimpung di dunia usaha lalu berkarier di sejumlah perusahaan, Irwan Muin kini memilih berkiprah di politik.

Alasannya, politik adalah jalur pengabdian dan berbuat baik untuk masyarakat.

Tekad untuk mengubah stigma di masyarakat bahwa politik itu kotor, kejam, dan tidak baik adalah tidak selamanya benar, ingin dia ubah.

“Menurut saya masyarakat tidak boleh membatasi diri terhadap politik atau partai politik, karena kepentingan masyarakat disalurkan melalui jalur politik. Ini karena sistem pemerintahan kita memang menganut asas itu,” imbuh Irwan Muin (IM), Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Sulsel, Selasa, 25 Desember 2018.

Olehnya itu, Irwan mengusung tagline POLITIK UNTUK KEBAIKAN, maju menjadi calon anggota legislatif dari Partai Golkar untuk DPRD Sulsel di Dapil I, Makassar A.

“Saya berharap dapat memberikan pesan ke masyarakat bahwa politik itu adalah salah satu jalan atau pilihan untuk berbuat kebaikan,” tegas Irwan.

Pilihan Irwan memang mendasar, karena sejak sekolah hingga kuliah dia aktif di jalur pengabdian kepada masyarakat.

Sejak SMP dan SMA dia aktif di Gerakan Pramuka dan OSIS. Dan saat di kampus aktif di berbagai organisasi mahasiswa dan organisasi sosial kemasyarakatan.

Setelah lama bergelut di dunia usaha, akhirnya berkarier di beberapa perusahaan, namun panggilan jiwa untuk mengabdi di masyarakat tidak pernah luntur, bahkan semakin kuat.

“Akhirnya saya putuskan untuk kembali mengabdi di masyarakat melalui berbagai organisasi dan partai politik,” ungkap Irwan.

Di politik, dia melihat bahwa secara umum, hampir seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat diputuskan melalui jalur politik. Setidaknya minimal harus melalui proses di eksekutif dan legislatif sehingga melahirkan program yang kemudian dijalankan oleh pemerintah. Termasuk pembuatan UU dan PERDA.

“Saya tertarik masuk politik karena merasa terpanggil untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat di legislatif,” tandas Caleg bernomor urut 4 ini. (*)

Datadiri Irwan Muin (IM)

Sekolah SD dan SMP di Sidrap
SMA di SMA NEGERI 11 Makassar
Sarjana Ekonomi di STIEM BONGAYA

Pekerjaan:
1. Jualan / pedagang telur dan beras di pasar senggol tahun 1990 – 1998
2. Supervisor di PT. AIG LIPPO 200 – 2003
3. Senior Supervisor di PT. Wana. Artha 2003 – 2006
4. Sales Manager di Agency Standard Chartered Bank 2006 – 2007
5. Koordinator Marketing di PT. Bank Mega Tbk 2007 – 2009
6. Branch Manager di PT. Finansia Multi Finance 2009 – 2013

Organisasi:
1. Sekretaris Umum lembaga pers Mahasiswa WATAK 1998 – 1999
2. Ketua Umum Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Sidrap (IPMI SIDRAP) 1999 – 2001
3. Ketua Pemuda Bulan Bintang Kota Makassar 2001 – 2003
4. Bendahara Umum Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Sulsel 2016 – 2021
5. Sekretaris Umum Majelis Wilayah Korps Alumni HMI (KAHMI) Provinsi Sulsel 2016 – 2021
6. Wakil Sekretaris Partai Golkar Sulsel 2016 – 2019