Layanan Unggulan RSUD Andi Makkasau, Perawatan Intensif Bagi Bayi

PAREPARE, suaraya.news — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare menambah kualitas sistem pelayanan, khususnya bagi kesehatan bayi yang baru lahir.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kominfo RSUD Andi Makkasau, Hj. Mukkarramah, Kamis, 10 Januari 2019.

“Kita punya Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Itu adalah ruangan perawatan intensif bagi bayi baru lahir hingga usia 28 hari yang mengalami gangguan kesehatan,” terang Mukarramah.

Dalam hal perawatan, di ruang itu dipantau langsung oleh tim dokter spesialis anak guna mencegah dan mengobati terjadinya kegagalan organ vital, misalnya jantung, paru-paru dan lainnya.

Di samping itu, untuk menjaga kesterilan ruangan NICU, RSUD menyediakan gel antiseptik bagi orangtua bayi yang masuk ke ruangan tersebut.

“Kita juga melengkapi ruangan NICU dengan SDM yang handal dan sarana prasarana yang sesuai dengan standar rumah sakit tipe B,” ungkap Mukarramah.

Kelengkapan itu, kata dia, yakni tenaga dokter spesialis anak dan perawat yang terlatih dan bersertifikat. Incubator tempat tidur bayi berdinding kaca yang suhunya bisa diatur agar tetap hangat digunakan untuk bayi yang lahir prematur.

“Kita juga punya ventilator yang diperlukan untuk bayi yang tidak bisa bernapas sendiri. CPAP (continous positive airway pressure) diberikan pada bayi yang lahir prematur dan mengalami kesulitan bernapas baik ringan maupun berat. Serta fototerapi digunakan untuk menurunkan kadar bilirubin darah yang terlalu tinggi sebagai penyebab bayi kuning,” tandasnya. (*)