Izin Mendagri, Kadis Kesehatan dr Yamin Digeser Jadi Staf Ahli Pemkot Parepare

PAREPARE, suaraya.news — Kepala Dinas Kesehatan Parepare, dr H Muhammad Yamin resmi diberhentikan dari jabatannya, Kamis, 24 Januari 2019.

Dr Yamin selanjutnya diangkat menjadi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Pemkot Parepare.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dr Yamin sebagai Staf Ahli dilakukan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di ruang pola Kantor Wali Kota Parepare, Kamis, 24 Januari 2019.

“….memberhentikan dr Muhammad Yamin sebagai Kepala Dinas Kesehatan dan melantik sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia,” kata Kepala Bidang Pengembangan Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parepare, Adriani Idrus saat membacakan Surat Keputusan Walikota nomor 23 tahun 2019 perihal Pemberhentian, Pemindahan/Pengangkatan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama.

“Ini pelantikan luar biasa. Saya sama sekali tidak pernah ada keinginan melakukan ini. Tidak ada yang bisa menandingi dr Yamin. Dr Yamin mempunyai kapasitas mumpuni, cukup lama saya pertimbangkan,” pesan Wali Kota Taufan Pawe.

Karena itu, Taufan berharap, dr Yamin sebagai Staf Ahli dapat berperan aktif dalam kebijakan pemerintah, khususnya kebijakan pelayanan kesehatan.

“Saya ingin sekali staf ahli semua terlibat dalam kebijakan pelayanan publik. Silakan intervensi saya. Saudara dr Yamin tetap masih bisa bicara masalah fungsi pelayanan kesehatan, dengan catatan diawali dengan integritas,” pinta wali kota dua periode ini.

Pergeseran jabatan pimpinan tinggi pratama eselon IIB Pemkot Parepare ini setelah mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri.

“Ya, tetap harus ada izin Mendagri, dan pelantikan ini sudah mendapat izin Mendagri,” ungkap Adriani Idrus.

Jabatan Kepala Dinas Kesehatan Parepare yang ditinggal dr Yamin diambilalih Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, H Iwan Asaad sebagai Pelaksana Tugas (Plt). (*)