Ikon Parepare, Tonrangeng River Side Geliatkan Ekonomi Masyarakat

PAREPARE, suaraya.news — Jembatan kawasan Tonrangeng River Side (TRS) di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, sudah menjelma menjadi ikon baru Parepare, dan menggeliatkan ekonomi masyarakat.

Infrastruktur penghubung menuju Rumah Sakit Regional Hasri Ainun Habibie itu, memang memiliki daya tarik tersendiri.

Pencahayaan di malam hari di atas jembatan itu memanjakan mata. Indahnya pemandangan laut dan pegunungan menjadi referensi obyek wisata baru.

Namun, yang paling penting adalah hadirnya kawasan Tonrangeng River Side memiliki asas manfaat bagi masyarakat luas.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, tak hanya menjadi ikon kota, kawasan itu kini menumbuhkan ekonomi baru.

“Sudah menjadi tempat di mana warga melakukan aktivitas ekonomi. Ada kafe  kuliner di sana. Secara tidak langsung pemerintah telah menciptakan lapangan kerja baru, khususnya bagi masyarakat sekitar,” terang Hamka.

Hamka menjelaskan, selain sebagai jalur menuju Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie, jembatan Tonrangeng River Side juga menjadi ruang publik (space public) yang muaranya adalah Medical Tourism (pariwisata kesehatan).

“Seperti yang disampaikan bapak wali kota beberapa waktu lalu, ada tempat-tempat kuliner dan pembangunan lainnya yang dibangun di area jembatan Tonrangeng River Side. Makanya harus ditata dengan baik,” jelas Hamka.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Jamaluddin mengakui, kini  kawasan itu menjadi obyek wisata baru di Parepare.

“Dulu itu tidak ada aktivitas di sana, namun setelah Tonrangeng River Side dibangun ada perubahan menuju perbaikan ekonomi masyarakat. Menunjang Medical Tourism. Kita harus bersyukur,” ungkap Jamal.

Adanya aktivitas ekonomi di kawasan itu, kata Jamal, juga menunjang teori telapak kaki oleh Pemerintah Kota Parepare.

“Jadi obyek wisata baru di sana. Kami yakin ke depan Parepare ini makin maju dengan konsep pembangunan insfratruktur pemerintah kota. Lapangan kerja terbuka. Secara otomatis ada peningkatan ekonomi masyarakat,” tandasnya. (*)