Table Top Exercise, Pemkot Parepare Siaga Hadapi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

PAREPARE, suaraya.news — Pemerintah Kota Parepare siaga menghadapi kedaruratan kesehatan. Kesiapsiagaan menghadapi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) itu, melalui Dinas Kesehatan Kota Parepare, menggelar pertemuan pelaksanaan Table Top Exercise.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, 31 Maret-2 April 2019 di Hotel Bukit Kenari Parepare.

Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim saat membuka kegiatan berharap, seluruh peserta dapat memahami peran dan fungsinya dalam upaya menanggulangi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

“Setelah dilakukannya Top Table Exercise ini, Kota Parepare lebih siap dalam menghadapi kasus penyakit menular. Sehingga kasus dapat teratasi, tidak meluas,” harap Pangerang.

Pangerang menekankan, perlu ada kesamaan pandangan dan mengoptimalkan peran masing-masing dalam menghadapi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Parepare, Sriyanti Ambar dalam laporannya menyampaikan, tujuan pelaksanaan kegiatan Table Top Exercise ini untuk memberikan pengetahuan kepada peserta agar terjadi pemahaman yang sama tentang pentingnya dokumen rencana kebijakan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM).

“Selain itu, juga mengidentifikasi peran dan sumber daya, proses pendataan dan penyebaran informasi, sehingga siap pada saat dibutuhkan dan menentukan kebutuhan,” imbuh Sriyanti.

Dalam kegiatan ini juga, dilakukan simulasi lapangan sesuai skenario dalam dokumen rencana kontijensi dalam rangka kesiapsiagaan KKM. Peserta kegiatan 57 orang dari berbagai unsur. (*)