Golkar Ketua DPRD, Nasdem-Demokrat Wakil Ketua, Hasil Real Count KPU Parepare

PAREPARE, suaraya.news — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parepare merampungkan penginputan data C1 hasil Pemilihan Umum Legislatif DPRD Parepare.

Hingga Senin, 29 April 2019, data yang masuk sudah 100 persen dari 428 TPS yang tersebar di 22 kelurahan di Parepare.


Hasilnya Partai Golkar tercatat sebagai peraih suara terbanyak dengan total 17.637 suara dari tiga Dapil.

Golkar dipastikan meraih lima kursi DPRD Parepare, dan mempertahankan kursi Ketua DPRD. Capaian ini sama dengan raihan Golkar pada Pemilu periode lalu.

Sementara di posisi kedua, Partai Nasdem yang mendulang total 14.240 suara, dan mengamankan empat kursi DPRD.

Sekaligus Nasdem merebut kursi Wakil Ketua I DPRD. Capaian Nasdem ini naik 100 persen melampaui periode lalu yang hanya meraih dua kursi DPRD.

Posisi ketiga ditempati Partai Demokrat yang meraih total 9.440 suara. Demokrat memastikan tiga kursi DPRD dan meraih Kursi Wakil Ketua II DPRD.

Demokrat mengalami sedikit penurunan dibanding periode lalu yang menempati posisi runner-up, kursi berkurang satu dari empat sebelumnya, dan wakil ketua I turun menjadi wakil ketua II.

Gerindra juga melonjak signifikan pada Pemilu kali ini. Meraih total 9.335 suara, dan merebut tiga kursi DPRD, Gerindra menempati posisi keempat.

Bahkan Gerindra sempat bersaing dengan Demokrat memperebutkan kursi Wakil Ketua II, namun akhirnya kalah bersaing.

Tapi kursi Gerindra meningkatkan, dari satu periode sebelumnya menjadi tiga periode ini.

PAN yang tergerus pada periode ini. PAN hanya finish di posisi lima dengan total raihan suara 5.272, dan capaian dua kursi DPRD.

Menurun dibanding periode lalu yang meraih tiga kursi DPRD dan menempati posisi wakil ketua II.

Ketua Bappilu DPD Partai Golkar Parepare Muh Yusuf MR mengatakan, hasil rekap data internal juga memastikan Golkar peraih suara terbanyak.

“Suara Golkar juga terbanyak dari setiap Dapil di Parepare. Buktinya, dari tiga Dapil, semuanya Golkar mendapatkan kursi pertama. Di Dapil I, Golkar kursi pertama dan ketujuh. Dapil II kursi pertama. Dan Dapil III kursi pertama dan kursi keempat,” terang Yusuf.

Kader Nasdem H Tasming Hamid juga mengakui Nasdem berada di bawah Golkar. Namun untuk suara pribadi, Tasming mencatatkan diri sebagai peraih suara terbanyak dibanding seluruh caleg di Parepare. “Hasil rekap internal kami, suara saya sebanyak 2.671,” ungkap Tasming.

Ketua DPC Partai Demokrat Parepare Rahmat Sjamsu Alam juga sudah mengklaim meraih kursi Wakil Ketua II.

“Kami sudah pegang hasil rekap kecamatan dan data internal kami, suara Demokrat lebih unggul dibanding Gerindra. Jadi Demokrat lah yang berpeluang meraih kursi Wakil Ketua II,” tandas Rahmat. (*)

BACA JUGA: Suara Parpol dan Raihan Kursi DPRD Hasil Real Count KPU Parepare