Segera Mutasi Lagi, Taufan Pawe Tak Ingin “Bonsai” Pejabat

PAREPARE, suaraya,news — Evaluasi kinerja aparatur sipil negara (ASN) terus dilakukan di jajaran Pemerintah Kota Parepare.

Tujuh bulan berjalan periode kedua pemerintahan Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe, sudah lima kali dilakukan mutasi atau pergeseran pejabat lingkup Pemkot Parepare.

Taufan Pawe menegaskan mutasi kembali akan dilakukan dalam waktu dekat. “Segera kita mutasi lagi, jajaran pejabat termasuk kepala sekolah,” ungkap Taufan Pawe dalam konferensi pers di Gazzaz Cafe and Resto Parepare, Minggu, 5 Mei 2019.

Taufan Pawe menekankan, mutasi harus dilakukan karena dia tidak mau bonsai pejabat. Pejabat tidak boleh terlalu lama menduduki suatu jabatan. Harus digeser untuk diberi kesempatan tingkatkan kompetensi, wawasan, dan karier.

Bonsai seperti dikutip dalam Wikipedia adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas.

Itu pun dalam melakukan mutasi, Taufan mengaku setelah melalui proses panjang, pertimbangan matang dan mendalam.

Termasuk memberi kesempatan kepada pejabat untuk introspeksi diri dan memperbaiki diri. Jika tidak berubah, barulah dimutasi.

“Pastinya sebagai pembina kepegawaian, saya akan terus lakukan evaluasi. ASN yang saya nilai lemah, akan ditinjau dan akan dicarikan ASN yang lebih kompeten dan berintegritas untuk menggantikannya,” tandas wali kota bergelar doktor ilmu hukum ini. (*)