Ketua Dewan Kehormatan KONI Tolak Apresiasi Tokoh Olahraga, Tetap Hargai Pemkot Parepare

PAREPARE, suaraya.news — Ketua Dewan Kehormatan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Parepare Rahmat Sjamsu Alam memilih tidak menerima alias menolak dana apresiasi senilai Rp15 juta dari Pemkot Parepare.

Padahal Rahmat sudah dinobatkan sebagai Tokoh Olahraga Parepare. Itu karena dia dinilai memenuhi syarat dan mumpuni sebagai tokoh olahraga.

Rahmat yang kerap disapa Ato, mengaku menolak lantaran tidak ingin dianggap menyalahgunakan wewenang sebagai legislator yang menganggarkan dan menyetujui dana apresiasi itu. Rahmat juga adalah Wakil Ketua I DPRD Parepare.

“Saya tidak ingin ada yang menilai atau mempolitisasi. Walaupun dalam Undang-undang keolahragaan telah mengamanahkan agar ada apresiasi yang diberikan terhadap atlet, pelatih maupun mantan pelatih yang dianggap berjasa dalam memajukan olahraga di daerah,” tegas Rahmat yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Parepare.

Namun demikian, Rahmat tetap menghargai Pemkot Parepare khususnya Wali Kota Parepare atas anugerah tokoh olahraga itu.

Jadinya, saat penyerahan secara simbolis bonus kepada atlet dan pelatih peraih medali di PORDA 2018, di Barugae Rujab Wali Kota, Senin, 13 Mei 2019, bersamaan juga penyerahan apresiasi tokoh olahraga, Rahmat menolak pemberian reward itu.

Dana apresiasi pun hanya diberikan kepada atlet berprestasi yakni Nurul Oktaviani Basri yang telah mengangkat nama Parepare di pentas internasional, dengan lolos menjadi atlet Asian Games 2018 cabang olahraga layar.

Tujuan pemberian apresiasi ini, selain sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada orang yang telah berjasa dalam memajukan olahraga di daerah juga bertujuan memotivasi masyarakat untuk berperan aktif dalam memajukan olahraga.

Rahmat sendiri pernah tercatat sebagai atlet cabang olahraga sepak bola dengan memperkuat tim Persipare Parepare.

Lalu pernah memimpin organisasi olahraga seperti PSSI dan KONI. Serta pernah menjadi manajer tim Persipare dan balap motor Parepare. Saat ini dia menjabat Ketua Dewan Kehormatan KONI Parepare. (*)