Putra Bupati dan Mantan Bupati Lolos, 4 Jatah Sulbar DPR RI untuk 4 Parpol

MAMUJU, suaraya,news – Sebanyak empat partai politik (parpol) di Sulawesi Barat (Sulbar) dipastikan meloloskan calon anggota legislatif (calegnya) ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Hal itu diketahui dari hasil rekapitulasi suara pemilihan umum (pemilu), yang telah dirampungkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulbar, pada tingkat provinsi di Hotel Srikandi, Jl Pattalunru, Mamuju, Jumat (10/5/2019).

Keempat parpol tersebut, yakni PDI Perjuangan, Gerindra, Nasdem dan Demokrat. Hasil ini berdasarkan Model DB-1 DPR RI, KPU Sulawesi Barat yang dibacakan dalam rapat pleno Jumat malam.

Di posisi pertama, PDI Perjuangan menjadi peraih suara terbanyak di Sulawesi Barat, denga total perolahan 214.365 suara. Yang mewakilkan calegnya Arwan Aras dengan perolehan pribadi 86.910 suara. Caleg PDI Perjuangan Arwan Aras merupakan putra Bupati Mamuju Tengah, H Aras Tammauni.

Kursi kedua diduduki oleh partai Gerindra dengan total perolehan partai 96.845 suara yang meloloskan calegnya Andi Ruskati Ali Baal dengan perolehan 72.755 suara.

Andi Ruskati merupakan satu-satunya caleg petahana yang dipastikan kembali menjadi wakil di Senayan untuk Dapil Sulawesi Barat. Andi Ruskati merupakan istri dari Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar.

Diposisi kursi ketiga DPR RI Dapil Sulawesi Barat, diraih oleh partai Nasdem dengan total perolahan partai sebanyak 93.443 suara yang meloloskan calegnya Ratih Mega Sari yang meraih 30.946 suara.

Kursi keempat atau terakhir diraih oleh dari partai Demokrat yang mampu meraih 83.499 suara dan meloloskan calegnya Suhardi Duka dengan meraih 64.817 suara. Suhardi Duka meruapak ketua DPD Demokrat Sulbar yang juga mantan Bupati Mamuju dua periode.

Komisioner KPU Sulbar Divisi Tekhnis Said Usman mengatakan, berdasarkan data dari surat formulir DB-1, ke empat caleg tersebut merupakan peraih suara tertingi di partainya masing-masing. Namun belum ada yang dapat dipastikan karena yang berhak menetapkan itu adalah KPU RI.

“Kita tunggu saja hasil rekapitulasi penghitungan nasional dan penetapan dari KPU RI pada tanggal 22 Mei mendatang,”jelasnya, Sabtu (11/5/2019).

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulbar, telah merampungkan rekapitulasi hasil perhitungan perolahan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi di Hotel Srikandi, Jl Pattalunru, Mamuju, Jumat (10/5/2019) malam.

Berdasarkan Model DB-1 DPR RI, KPU Sulawesi Barat yang dibacakan dalam rapat pleno, empat partai politik dipastikan lolos ke Senayan diantaranya PDI P, Gerindra, Demokrat, Nasdem.(*)