Pertama Berkantor, Kehadiran ASN Parepare 96,7 Persen, Pemkot Tegakkan Disiplin

PAREPARE, suaraya.news — Jumlah pegawai aparatur sipil negara (ASN) di Parepare, yang tidak hadir pada hari pertama kerja pasca libur lebaran, 129 orang.

Sementara persentase kehadiran ASN pada hari pertama berkantor 96,7 persen, dari total jumlah pegawai ASN 3.863 orang di Parepare. Atau 3.716 ASN yang berkantor di hari pertama.


Ini sesuai data yang dilaporkan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parepare ke Kemenpan-RB.

Sekretaris BKPSDM Parepare, Adriani Idrus menjelaskan, hasil pendataan BKPSDM menunjukkan, ASN yang tidak hadir itu 18 orang karena tugas belajar, 60 orang tanpa keterangan, izin 6 orang, sakit 42 orang, dan cuti 21 orang. “Total tidak hadir 129 orang, dengan persentase kehadiran 96,7 persen,” ungkap Adriani Idrus, Rabu, 12 Juni 2019.

“Ada sistem pelaporan dari Kemenpan-RB, kita hanya memasukkan jumlah seluruh PNS, jumlah tidak hadir tanpa keterangan, sakit, izin, jumlah cuti (cap, ctln, cbs, cm). Nanti sistem yang menjumlah secara otomatis,” lanjut Adriani.

ASN yang tidak hadir dan tidak ikut apel pada hari pertama berkantor, langsung dikumpulkan pada Selasa, 10 Juni 2019, untuk dilakukan tindakan penegakan disiplin.

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Parepare, M Anwar Amir mengatakan, Sekda H Iwan Asaad yang mengumpulkan para ASN di ruang data Kantor Wali Kota.

“Dan hari ini (Rabu, 12 Juni 2019, red), Pemkot kembali melakukan pemanggilan untuk PNS yang sampai kemarin belum melakukan pelaporan atau alasan ketidakhadirannya,” kata Anwar Amir. (*)