Putri Parepare Wakili Sulsel Duta Genre Tingkat Nasional

MAKASSAR, suaraya.news — Putra putri Parepare kembali mengukir prestasi di level provinsi.

Kali ini, Ariyanti wakil Parepare pada pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) 2019 tingkat Provinsi Sulsel, sukses menjadi juara pertama kelompok putri.

Itu membuat Ariyanti asal SMAN 1 Parepare, mewakili Sulsel ke pemilihan Duta Genre tingkat nasional.

Sementara di kelompok putra, Andi Wahyu Dwiputra wakil Parepare, asal SMAN 2 Parepare, berhasil menjadi juara kedua dari seluruh kontestan se-Sulsel.

Selain berjaya di kelompok putra putri, Parepare juga sukses di kelembagaan remaja. Lembaga Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Smansa Care asal SMAN 1 Parepare, berhasil menjadi juara pertama.

Kepala Seksi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Parepare Andi Arie Zulharby, SE, MSI mengatakan, torehan prestasi anak-anak Parepare itu dicetak saat berkompetisi di Pemilihan Duta Genre 2019 tingkat Provinsi Sulsel di Hotel Kolonial, Makassar, 21-23 Juni 2019.

“Jadi Parepare sebenarnya sukses mempertahankan prestasi Duta Genre tingkat provinsi di kelompok putri, setelah tahun lalu Primadita asal Parepare juga jadi juara satu Duta Genre tingkat provinsi,” ungkap Andi Arie.

Di ajang yang diadakan BKKBN Provinsi Sulsel ini, Parepare mengutus empat wakilnya. Masing-masing dua orang kelompok putra dan dua orang kelompok putri.

“Yang kita kirim ini adalah juara satu dan juara dua Duta Genre putra dan putri tingkat Parepare. Ariyanti yang di tingkat Parepare hanya juara dua, ternyata mampu menampilkan performa terbaik, sehingga menjadi juara satu tingkat provinsi,” papar Andi Arie.

Tema yang diusung di tingkat provinsi ini, menurut Andi Arie, juga sarat makna yakni Setahun Mengabdi Seumur Hidup Menginspirasi.

Para Duta Genre ini, lanjut Andi Arie, nantinya punya tugas mensosialisasikan Triat KRR atau Kesehatan Reproduksi Remaja di kalangan remaja atau anak sekolah.

“Triat KRR itu adalah katakan tidak pada seks pra nikah, katakan tidak pada pernikahan dini, dan katakan tidak pada napza,” terang Andi Arie.

Pasca juara di tingkat provinsi ini, selanjutnya Ariyanti bersiap ke tingkat nasional yang digelar dalam waktu dekat. (*)

Duta Genre 2019 Provinsi Sulsel

Putra
1. M. Fadly Ridwan (Makassar)
2. Andi Wahyu Dwi Putra (Parepare)
3. Arman Caesar Ramadhan (Sidrap)
Kreator: Harun Ar-Rasyid (Wajo)

Putri
1. Ariyanti (Parepare)
2. Ghina Aadila (Luwu Timur)
3. Arinil Hidayah Bur (Sinjai)
Kreator: Kurnia Setyawati (Luwu Timur)