Tim Ahli Perguruan Tinggi Bahas Dokumen Andal RKL-RPL RS Hasri Ainun Habibie, Akomodatif dan Representatif

PAREPARE, suaraya.news — Dokumen Analisis Dampak Lingkungan (Andal) RKL dan RPL Rencana Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hasri Ainun Habibie Kota Parepare, dinilai akomodatif dan representatif.

Itu sesuai hasil rapat pembahasan Andal RKL dan RPL Rencana Pembangunan RSUD dr Hasri Ainun Habibie di Meeting Room Hotel Bukit Kenari, Jalan Jenderal Sudirman, Parepare, Senin, 24 Juni 2019.


Anggota Komisi Penilai Amdal Parepare, H Bakhtiar Syarifuddin mengatakan, bahwa dokumen Andal RKL dan RPL pembangunan RS dr Hasri Ainun Habibie di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, secara standar administratif dapat  dinilai cukup akomodatif dan representatif.

“Kajian dan pencermatan dokumennya dilakukan sangat selektif oleh para stakeholder,” kata Bakhtiar.

Beberapa guru besar yang tergabung dalam Tim Ahli di berbagai bidang disiplin ilmu dari perguruan tinggi terkemuka, hadir secara langsung dan antusias memeriksa, membedah, dan mengoreksi dari awal hingga akhir pembahasan dokumen.

Beberapa aspek-aspek ruang lingkup studi yang sempat mendapatkan penekanan serius dan dimintai penjelasan lebih mendalam dari Tim Konsultan antara lain, analisis komponen lingkungan dan kegiatan yang berpotensi terkena dampak.

Terutama parameter lingkungan yang diduga akan mengalami perubahan mendasar baik di saat tahap konstruksi maupun tahap operasional nantinya.

“Aspek yang tak kalah pentingnya dan menjadi apresiasi yang sangat tinggi, yakni ada pemenuhan Ruang Terbuka Hijau sebesar 30 persen dari luas lahan yang dimiliki. Atau ada sekitar 8.095,8 m dari 26.986 m luas lahan yang disediakan untuk RTH,” ungkap Bakhtiar yang juga Ketua Forum Kota Hijau (FKH) Parepare.

Dokumen ini dinilai Bakhtiar, sebagai dokumen yang sangat patuh dan taat pada peraturan dan perundang-undangan tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup terutama pada regulasi Peraturan Daerah Kota Parepare nomor 7 tahun 2014 tentang pengelolaan ruang terbuka hijau. (*)

Tim Ahli KPA:

Prof. DR. Ir Rer Nat Ir A. M. Imran.
Prof. Dr. Pawennary Hijjang, MA
Dr. Andi Amri Spi, MSi
Dr. Mahatma Lanuru, MSc
Dr. Eng. M Alimuddin Hamzah M, Eng
Dr. Ir. Eymal B. Demallino
Dr. Magdalena Litay, SSi