Bukit Balada Marezo, Pesona Wisata Alam Parepare

PAREPARE, suaraya.news — Kota Parepare, Sulawesi Selatan, memang banyak menyimpan panorama keindahan alam, salah satunya di Bukit Marezo ini.

Bukit Balada Marezo adalah salah satu destinasi wisata alam yang ada di kota kelahiran Presiden ke-3 RI BJ Habibie ini. Letaknya di Kampung Padaelo, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki.

Di lokasi ini, pengunjung dapat memanjakan matanya dengan melihat langsung indah hijau pegunungan diatas langit biru, sawah luas membentang, dan mata air alami yang jernih. Pepohonan yang rindang menambah sejuknya tempat ini.

“Selain menjadi destinasi wisata, bukit marezo juga kita jadikan ruang edukasi bagi masyarakat, khususnya pelajar dan para generasi muda pecinta alam, atau pekerja seni, sebagai wadah kreatifitas,” kata Muh Zain Asmawi, salah satu pengelola.

Bukit Balada Marezo inipun menjadi perhatian pemerintah setempat. Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata
(Disporapar) Parepare menjadikan  lokasi tersebut untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan pemandu wisata budaya (Kuliner dan Belanja).

Plt. Kepala Disporapar Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, pemerintah kota berkomitmen untuk pengembangan kepariwisataan.

Dia berterima kasih kepada masyarakat yang ikut berkontribusi dalam pengembangan kepariwisataan di Parepare.

Pengembangan sektor pariwisata, kata dia, merupakan program Walikota dan Wakil Walikota Parepare melalui teori telapak kaki.

“Salah satunya pengembangan kepariwisataan. Destinasi wisata alam, kuliner, dan budaya harus dikembangkan, itu untuk mewujudkan program teori telapak kaki. Artinya bagaimana menyajikan destinasi wisata yang menjanjikan dan menjadi daya tarik,” terang Hamka.

Untuk membangkitkan sektor itu, kata dia, selain harus didukung dengan destinasi wisata juga perlu didukung dengan fasilitas yang memadai.

“Nah, sekarang kami tengah melaksanakan upaya untuk mencapai tujuan itu. Kita kembangkan objek objek wisata yang ada. Kita lakukan pendekatan dengan masyarakat agar mendukung program ini. Kita nanti  bangga Parepare menjadi kota tujuan,” tandas mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkot Parepare ini. (*)