Kick-off Rencana Kota Cerdas Indonesia, Wali Kota Parepare Hadir di Istana Wapres

JAKARTA, suaraya.news — Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe bersama para wali kota se-Indonesia anggota APEKSI hadir di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Jumat, 12 Juli 2019.

Kehadiran para wali kota di Istana Wapres terkait pembukaan atau
kick-off RKCI (Rencana Kota Cerdas Indonesia).

RKCI adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pemetaan potensi tiap kota untuk mampu menjadi kota cerdas berdasarkan potensi dan karakternya masing-masing.

RKCI 2019 merupakan kegiatan pemetaan dan rating Kota Cerdas Indonesia yang ke-3 kalinya dilakukan oleh ITB kerja sama dengan Kemendagri dan APEKSI.

RKCI diadakan untuk melakukan pengukuran kinerja terhadap pengelolaan kota, memberikan gambaran komprehensif mengenai permasalahan dan potensi yang dimiliki, memberikan gambaran bagi stakeholder kota dalam membangun pelayanan kota.

Selain itu, untuk mengetahui kesenjangan kondisi saat ini dengan kondisi ideal yang dapat dijadikan acuan dalam penyusunan program kerja kota. Atau roadmap pengembangan kota menuju Smart City.

Rangkaian kegiatan RKCI dalam waktu dekat yakni akan dilakukan evaluasi mandiri mulai 15 Juli-9 Agustus 2019, penilaian dan seleksi tahap pertama 26-30 Agustus 2019, konfirmasi kunjungan validasi dan survei kota September 2019, validasi dan survei kota 1 September-15 Oktober 2019, pemetaan kota dan penilaian tahap kedua September-Oktober 2019, event penutupan dan penghargaan 18-20 November 2019.

Yang akan diukur dan disurvei adalah smart economy, smart society,  dan smart Environment.

“Jadi kami diundang ke Istana Wapres untuk menghadiri pembukaan Rencana Kota Cerdas Indonesia. Insya Allah Parepare siap menuju Kota Cerdas atau Smart City,” kata Wali Kota Parepare Taufan Pawe. (*)