Suasana Malam di Parepare Semarak, Atraksi Gerak Jalan SMP-SMA Memukau

PAREPARE, suaraya.news — Kota Parepare benar-benar hidup pada malam hari di momen HUT ke-74 kemerdekaan RI tahun ini.

Salah satu penyebabnya adalah Festival Kemerdekaan 2019 pada malam hari, yang disemarakkan oleh lomba gerak jalan mulai tingkat SMP, SMA, instansi pemerintah hingga peserta umum.

Bahkan peserta membeludak pada tahun ini. Meski berlangsung malam dan peserta membeludak serta penonton antusias, namun keamanan tetap terjaga.

Plt. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, karena antusiasnya peserta, terpaksa barisan SMP dan SMA dibatasi. Hanya boleh satu barisan setiap sekolah. Itu berarti putra dan putri digabung dalam satu barisan yang berjumlah 21 orang.

“Itupun peserta barisan sekolah tetap lumayan banyak yakni 49 barisan. Alhamdulillah tetap berlangsung tertib, aman, dan lancar,” kata Hamka di lokasi start dan finish pelataran Balai Ainun Habibie, Jalan Alwi Abdul Jalil Habibie, Selasa malam, 6 Agustus 2019.

Yang menarik perhatian penonton selain kostum dan tata cara baris berbaris adalah atraksi variasi barisan dan yel-yel.

Setiap sekolah punya atraksi variasi barisan dan yel-yel khusus yang menjadi keunggulan khas mereka. Itu yang memukau penonton.

“Pada malam sebelumnya barisan instansi dan umum lebih banyak lagi. Ada 44 barisan instansi dan 82 barisan umum. Tiga barisan di antaranya barisan waria. Barisan umum ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya 74 barisan. Jadinya gerak jalan sampai pukul 02.00 dini hari. Tapi Alhamdulillah, tetap aman dan kondusif sampai selesai,” tandas mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkot Parepare ini. (*)