“Terima Kasih Hadiah Sepatunya Pak Wali”, Heril, Patriot Milenial Bangga Jadi Putra Parepare

PAREPARE, suaraya.news — Heril Mukminin, kerap disapa Heril, tidak menyangka aksi nasionalismenya bakal viral di media sosial.

Padahal hari itu, Jumat, 16 Agustus 2019, seperti biasa dia menjajakan jalangkote (kue jajanan khas Bugis) buatan ibunya di sekitaran Kota Parepare.


Tiba di pelataran Kantor Bank BRI Cabang Parepare, Jalan Karaeng Burane, langkah Heril terhenti mendengar lantunan musik lagu Indonesia Raya.

Heril lalu meletakkan kotak jualannya, dan mengambil sikap berdiri tegak sambil memberi hormat ke arah suara.

Heril memberi hormat ke arah bendera merah putih yang tengah dikibarkan diiringi lantunan musik lagu Indonesia Raya, tepat saat berlangsung gladi persiapan upacara peringatan HUT kemerdekaan di Kantor Bank BRI Parepare.

Aksi Heril itu direkam warga yang kemudian viral di Medsos. Aksi Heril diberi titel “Patriot Milenial”.

Aksi Heril mendapat simpati dari penyanyi dangdut Via Vallen yang populer membawakan Theme Song Asian Games 2018 “Meraih Bintang”.

“Dapat Kiriman video ini. Katanya pedagang asongan yang mendadak meletakkan daganganya ketika mendengar Lagu Indonesia Raya. Karena jiwa nasionalismenya yang luar bisa menurut saya, di hari kemerdekaan ini saya mau kasih hadiah kecil yang Insya Allah bermanfaat buat adek ini. Tolong bantu saya cari adek ini teman-teman instagram,” tulis Via Vallen dalam caption postingan soal Heril.

Jiwa nasionalisme Heril pun mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Parepare. Camat Bacukiki Barat, Fitriany yang turun mewakili Wali Kota Parepare, memberikan hadiah bingkisan berupa sepasang sepatu dan sejumlah uang kepada Heril.

Fitriany turun menelusuri gang sempit bernama Lorong Mallomo di Jalan Kesuma Utara, RT 4 RW 2, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare, Jumat sore, 19 Agustus 2019, untuk mendapatkan rumah Heril.

Fitriany disambut ayah dan ibu Haeril, Haerul Mukminin dan Masni di rumah panggung sederhana yang mereka kontrak. Ayah Heril, Haerul adalah sopir angkot pete-pete.

Heril belum ada di rumah saat itu. Sekitar 15 menit menunggu, Heril baru tiba pulang dari sekolah, sekitar pukul 16.30 Wita. Heril bersekolah di SMKN 1 Parepare.

“Ini ada bingkisan hadiah dari pak wali kota buat Nak Heril. Diterima dengan baik ya. Belajar dengan baik, dan tetap kedepankan jiwa nasionalisme,” pesan Fitriany saat menyerahkan bingkisan hadiah kepada Heril.

Hadiah sepasang sepatu itu diterima Heril dengan penuh kegembiraan. Karena saat bersamaan, sepatu yang sehari-harinya dia pakai ke sekolah sudah rusak.

“Terima kasih pak wali kota, terima kasih bu camat. Hadiah sepatu ini sangat berguna bagi saya. Kebetulan sepatu sekolah saya rusak, Alhamdulillah dapat hadiah sepatu,” ungkap Heril mensyukuri pemberian hadiah itu.

Heril mengaku, sikap nasionalismenya itu spontan karena kecintaan kepada negara. “Spontan saja, karena semangat saya muncul begitu mendengar lagu Indonesia Raya. Saya hormat karena itu bendera merah putih. Bendera Indonesia,” ungkap Heril.

Tidak hanya sebagai bangsa Indonesia, Heril juga mengaku bangga sebagai anak Parepare. Dan terkhusus Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, dia mengaku mengidolakannya.

“Saya mengidolakan Pak Wali Kota, HM Taufan Pawe. Semoga pak wali selalu menjadi teladan bagi masyarakat Parepare,” harap Heril. (*)