Jaga Kebersihan di Pare Beach, Pedagang Sepakat Bawa Pulang Gerobak dan Sampah

PAREPARE, suaraya.news — Camat Ujung Kota Parepare, Andi Ulfa Lanto SSTP mengumpulkan seluruh stakeholder, instansi terkait, dan pedagang kaki lima untuk membicarakan masalah kebersihan di kawasan Pare Beach, Pantai Senggol, Parepare, 19 Agustus 2019.

Hasilnya, disepakati bahwa untuk menjaga kebersihan di kawasan ramai pengunjung itu, para pedagang kuliner setelah berjualan, mengumpulkan sampahnya masing-masing dan membawanya pulang.


“Gerobak setelah menjual harus dibawa pulang ke rumah masing-masing. Terkait kebersihan pihak PKL jangan terlalu berharap dari pemerintah tapi dimulai dari sendiri sehingga kebersihan terjaga dari kesadaran sendiri,” ingat Andi Ulfa.

Ulfa menekankan, gotong royong harus terbangun di antara para pedagang demi kebaikan bersama.

Lurah Ujung Sabbang Wahyufi SSTP dalam kesempatan itu mengungkap rencana pembangunan IPAL di atas taman bermain dan ruang terbuka hijau (RTH) di sekitar Pasar Senggol.

Sementara Lurah Mallutasi M Shodiq Asli Umar menyampaikan keluhan pedagang bahwa banyak anak jalanan yang bolak balik di sekitar Pare Beach menimbulkan ketikdaknyamanan para pengunjung. Itu berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

Dari rapat koordinasi antar Tim Terpadu Kecamatan Ujung dan instansi terkait tentang kebersihan sekitar Pare Beach, menyepakati setiap pedagang kaki lima bertanggungjawab penuh kebersihan lingkungannya.

Semua instansi terkait siap mendukung apa yang telah disepakati dengan pedagang. Lurah Ujung Sabbang dan Mallusetasi disepakati sebagai koordinator pedagang di wilayahnya masing-masing. (*)