KONI-Kepala SMP se-Parepare Sepakat Sukseskan Pekan Olahraga Kota I

PAREPARE, suaraya.news — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Parepare bersama kepala SMP se-Parepare sepakat untuk mensukseskan Pekan Olahraga Kota (Porkot) I 2019.

Para kepala SMP siap menurunkan atlet pelajarnya pada 14 cabang olahraga yang dipertandingkan di Porkot.


Kesiapan ini terungkap dalam rapat koordinasi persiapan Porkot antara KONI dan para kepala SMP di SMPN 1 Parepare, Jumat, 23 Agustus 2019.

Rapat juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, Drs Arifuddin Idris yang mensupport penuh Porkot.

Ketua Panitia Porkot, H Edhar Abdullah mengatakan, rapat bertujuan untuk meminta masukan, usulan, dan saran para kepala sekolah terkait Porkot khususnya cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Termasuk waktu yang tepat untuk menggelar Porkot. Porkot yang rencana awal digelar 9 September 2019, bertepatan Hari Olahraga Nasional, namun karena pertimbangan berdekatan ujian semester, akhirnya diundur setelah ujian semester.

“Semua masukan, saran, dan usulan kami tampung. Nanti akan dirapatkan bersama Pengcab terkait untuk menghasilkan keputusan terbaik. Termasuk masalah waktunya, kalau tanggal 9 itu berdekatan ujian semester, ya kita undur setelah ujian semester,” kata Edhar Abdullah.

Wakil Ketua KONI Parepare, H Bakhtiar Syarifuddin yang mewakili Ketua KONI mengatakan, Porkot ini menjadi ajang rekrutmen atlet untuk dipersiapkan menghadapi PORDA dan event-event lainnya.

“Karena dari hasil evaluasi kami di PORDA Bantaeng, kemudian PORDA Pinrang, sebenarnya kita krisis atlet. Makanya ajang Porkot ini untuk perekrutan atlet. Potensi itu ada di SMP, SMA, bahkan SD,” ungkap Bakhtiar.

Sementara usulan-usulan dari para kepala sekolah, selain siap berpartisipasi, juga penambahan nomor-nomor yang diperlombakan.

Seperti cabang olahraga bulutangkis, nomor yang akan dipertandingkan tunggal putra dan putri serta ganda putra. Namun diusul ditambah ganda putri dan ganda campuran.

Kemudian renang, nomor yang akan dipertandingkan adalah gaya punggung putra dan putri. Namun diusul ada gaya bebas dan gaya dada putra dan putri.

Ada 14 cabang olahraga yang siap dipertandingkan di Porkot yakni catur, tenis meja, bulutangkis, panahan, balap sepeda, petanque, sepak takraw, tenis lapangan, atletik, renang, bola basket, bola voli, biliar, dan karate. (*)