Mahar 88 Riyal, Akad Nikah dr Eta-Edwin 27 Oktober

PAREPARE, suaraya.news — Akad nikah putri sulung Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe dan Hj Erna Rasyid Taufan, dr Eta Lestari Taufan bersama dr. Akhmad Edwin Indra Pratama, akan berlangsung pada 27 Oktober 2019.

Akad nikah direncanakan mulai pukul 10.30 Wita di Rumah Jabatan Wali Kota Parepare. Sementara resepsi pernikahan dr Eta dan dr Edwin akan digelar pada 1 November 2019, mulai pukul 19.00 Wita di Upperhills, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar.

Pada akad nikah, calon pengantin akan mengenakan pakaian adat Bugis berwarna Hijau Datu, dan resepsi mengenakan pakaian adat Bugis modifikasi Cream Gold kombinasi Maroon.

Tanggal 27, naseng Ogi’e wekke dua mattuju (dua kali terwujud), yakni mattuju lino na mattuju ahera’ (mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat),” ungkap tokoh masyarakat Parepare, H Minhajuddin Achmad memaknai tanggal prosesi akad nikah itu.

Dalam Mappettuada (Mappasierrekeng) di Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Minggu, 1 September 2019 atau tepat pada peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriyah juga disepakati mahar 88 Riyal, seperangkat alat salat, dan satu stel emas bertahta berlian.

Menurut Minhajuddin yang juga budayawan ini, nilai mahar itu sejalan dengan filosofi angka 8 bagi masyarakat Bugis. Angka 8, kata dia, dimaknai ‘makkalu’ atau melilit dan tidak pernah putus.

“Kita berharap agar anakda Eta dan Edwin selalu bersama dan tidak pernah putus seperti simbol angka delapan,” harap Minhajuddin, Ketua Kwarcab Pramuka Parepare yang ikut dalam prosesi perundingan lamaran (Mappettuada) itu. (*)