Prestisius Pembukaan Porkab Sinjai, Dianggarkan Rp1 M, Disponsori Perusahaan Besar

SINJAI, suaraya.news — Pemerintah Kabupaten Sinjai menunjukkan keseriusannya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel 2022.

Terbukti, di pekan olahraga level kabupaten saja yakni Porkab, Pemkab Sinjai menggelontorkan anggaran besar ditunjang oleh sponsor perusahaan besar.


Porkab Sinjai dianggarkan Rp1 miliar, dari total Rp4,5 miliar anggaran dana hibah bagi KONI Sinjai.

Hal ini diungkap Wakil Ketua I KONI Parepare, Dr Muh Nashir yang bersama Wakil Ketua IV, H Bakhtiar Syarifuddin memantau pelaksanaan Porkab di Sinjai, Senin, 9 September 2019.

Kami mendapat informasi langsung dari ketua dan sekretaris KONI Sinjai, bahwa anggarannya Rp4,5 miliar. Terbagi untuk Porkab Rp1 miliar, Pengcab Rp2 miliar, dan operasional KONI Rp1,5 miliar. Uniknya yang menjadi sponsor Porkab adalah Gudang Garam,” ungkap Nashir.

Nashir mengaku takjub dengan seremoni pembukaan Porkab Sinjai di Stadion Andi Bintang, yang tidak kalah semarak dengan ajang Porda level provinsi.

Ada pertunjukan tarian, seni dan budaya, serta musik band. Hingga pesta kembang api karena pembukaan Porkab pada malam hari.

Parade defile dilakukan oleh setiap kecamatan yang menurunkan atletnya di Porkab. Ada sembilan kecamatan di Sinjai. Tidak hanya kecamatan, semua SKPD di Sinjai berpartisipasi di Porkab.

“Jadi antar kecamatan yang bersaing di Porkab. Nantinya ada juara umum 1, 2, 3, dan 4. Setiap juara akan mendapatkan piala dan uang pembinaan. Kalau untuk atlet yang juara mendapatkan medali dan sertifikat,” terang Nashir.

Nashir juga mengapresiasi banyaknya atlet yang bertanding pada 24 cabang olahraga yang diperlombakan.

Rata-rata kecamatan menurunkan 125 atlet. Dan tidak ada atlet impor alias yang didatangkan dari luar daerah. Jadi total 1.534 atlet dari sembilan kecamatan yang turun di Porkab.

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa yang membuka Porkab bertepatan dengan Haornas itu juga menyerahkan penghargaan kepada tokoh olahraga berprestasi dan wartawan olahraga di Sinjai.

“Pokoknya ini akan menjadi masukan bagi Parepare yang juga akan menggelar Porkot. Bedanya anggaran Porkot kita hanya Rp130 juta, dan peserta Porkot adalah atlet asal komunitas di sekolah-sekolah di Parepare,” tandas Nashir. (*)