Taufan Pawe: DPRD-Pemkot Satu Payung Wujudkan Visi Misi Wali Kota-Wawali Parepare

MAKASSAR, suaraya.news — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kota Parepare berada dalam satu payung untuk mewujudkan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Parepare.

Visi misi itu tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Parepare 2018-2023.


Hal ini diungkap Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di hadapan 25 anggota DPRD Parepare periode 2019-2024, dalam pembukaan Orientasi Anggota DPRD Parepare di Hotel Almadera Makassar, Senin, 9 September 2019.

Di hadapan para anggota DPRD yang baru saja dilantik itu, Wali Kota Taufan Pawe menekankan tentang kemitraan eksekutif dan legislatif.

“Saya berdiri di hadapan anggota DPRD dalam kapasitas kepala daerah sebagai mitra yang sejajar. Kemitraan yang sejajar itu melahirkan sinergitas,” tekan Taufan Pawe.

Wali kota dua periode ini mengaku, kemitraan yang baik antara eksekutif dan legislatif sudah dia rasakan pada periode pertama pemerintahannya.

Dia berharap itu berlanjut pada periode kedua, bersama anggota DPRD yang ada saat ini.

k

Kepala daerah dalam memanej daerahnya tidak akan mampu berhasil tanpa sinergitas dengan legislatif. Syukur Alhamdulillah di periode pertama saya, sinergitas itu sangat terasa dan bahkan biasa saya tambahkan kalimat harmonisasi,” ungkap wali kota berlatar belakang profesional hukum ini.

Taufan mengemukakan, sinergitas tidak hanya dalam pembahasan di DPRD, tapi juga diikuti dengan harmonisasi. “Harmonisasi dalam konten apa, menjaga marwah pemerintahan, bukan pemerintah,” tegas Taufan.

Taufan juga mengungkapkan, kemitraan antara legislatif dan eksekutif dia rasakan selama menjadi pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

Di Apeksi, Taufan menjabat Wakil Ketua Bidang Informasi, Advokasi dan Hukum. “Di Apeksi bersama 98 wali kota se-Indonesia, 95 dipilih oleh rakyat dan tiga dipilih oleh gubernur, kami merasakan bagaimana kemitraan dengan legislatif,” kata Taufan.

Karena itu, dia mengingatkan kepada para wakil rakyat di DPRD Parepare, seperti apapun janji politik di luar, ketika masuk ke dalam wilayah pemerintahan Kota Parepare, menjadi satu payung yakni visi misi wali kota dan wakil wali kota yang tertuang dalam RPJMD.

“Karena itu saripati. Dan saya yakin, tidak ada satupun dari 25 anggota DPRD yang tidak memahami saripati visi misi wali kota dan wakil wali kota,” tandas wali kota bergelar doktor ilmu hukum ini.

Hadir dalam pembukaan orientasi, Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRD Parepare, H Kaharuddin Kadir dan H Tasming Hamid serta para anggota DPRD periode 2019-2024.

Juga hadir Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulsel, H Imran Jausi dan Sekretaris DPRD Parepare, H Amiruddin Idris.

Orientasi kerja sama BPSDM Sulsel dan Sekretariat DPRD Parepare ini berlangsung lima hari, 8-13 September 2019. (*)