Dinkes Parepare Support Penyusunan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup

PAREPARE, suaraya.news — Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menjadi bagian dari penyusunan tentang daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup di Parepare.

Daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup atau D3TLH ini dibahas bersama DLH, Dinas Kesehatan, dan SKPD teknis serta stakeholder di ruang rapat Bappeda Parepare.


Kepala Seksi Kesling dan Kesjaor Dinas Kesehatan Parepare, Yusri SKM yang hadir mewakili Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, H Iwan Asaad menekankan, D3TLH ini penting untuk keberlangsungan lingkungan hidup dan kesehatan sehingga harus disupport oleh Dinas Kesehatan.

“Dinas Kesehatan adalah SKPD teknis selain Dinas Lingkungan Hidup yang berperan dalam penyusunan tentang daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup di Parepare,” kata Yusri yang juga Tim Teknis Kota Sehat.

Dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku yakni Najhah Aris, Kasubid Pertambangan Energi Pertanian dan Kelautan Bidang Inventarisasi D3TSDALH, hadir membawakan materi tentang Penyusunan Daya Dukung Daya Tampung Lingkungan Hidup dengan pendekatan jasa lingkungan.

Najhah Aris mengemukakan, data dan informasi D3TLH ini dibutuhkan untuk mendukung dokumen pengelolaan lingkungan hidup, pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan serta Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Terungkap dalam pertemuan itu, kajian D3TLH dapat dijawab dengan tiga latar belakang, yakni keberadaan agenda nasional, manfaat teoritis, dan nilai instrumental.

Faktor awal yang mendasari permintaan data dan informasi D3TLH adalah digaungkannya agenda penyusunan RPPLH (Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup) dan KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis).

RPPLH yang memiliki kedudukan sebagai haluan dasar dari kebutuhan akan informasi D3TLH memiliki empat muatan utama, yaitu:
Penilaian pemanfaatan dan/atau pencadangan sumber daya alam;
Pemeliharaan dan perlindungan kualitas dan/atau fungsi lingkungan hidup;
Pengendalian, pemantauan, serta pendayagunaan dan pelestarian sumber daya alam; dan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim. (*)