BJ Habibie Inspirasi Parepare Jadi Kota Teknologi Menuju Smart City

MAKASSAR, suaraya.news — Kota Parepare punya ikonik Prof BJ Habibie, sehingga layak menjadi kota teknologi dan saatnya menerapkan Smart City atau kota cerdas yang berbasis teknologi informasi.

Hal ini dikemukakan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe saat menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Penerapan dan Pengembangan Smart City di Aula Prof Fachruddin Sekolah Pasca Sarjana Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Selasa, 8 Oktober 2019.


“Kami menjadikan Pak BJ Habibie, putra terbaik bangsa sebagai inspirasi dalam membangun Parepare. Menjadikan Parepare Kota Teknologi, dan siap menuju Smart City,” papar Wali Kota Taufan Pawe.

Selain Wali Kota Parepare, menjadi nara sumber dalam seminar itu, Plt Wali Kota Makassar yang diwakili Kepala Bappeda Makassar, serta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Provinsi Sulsel, Ir Andi Hasdullah MSi.

Dengan Keynote Speaker, Prof Qian Zhou dari Kyushu Institute of Technology Jepang. Serta Moderator Prof Dr Ir S Trisutomo MS.

Seminar dibuka oleh Dekan Sekolah Pasca Sarjana Unhas, Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Parepare, HM Iskandar Nusu yang mendampingi Wali Kota menekankan, Parepare sudah layak menerapkan Smart City.

“Dengan menginspirasikan Bapak BJ Habibie dalam membangun, Parepare sudah seharusnya menjadi Kota Teknologi, dan menerapkan Smart City. Apalagi itu akan didukung oleh keberadaan ITH (Institut Teknologi BJ Habibie, red) nantinya,” ungkap Iskandar Nusu.

Selain Iskandar Nusu, juga ikut mendampingi Wali Kota, Kepala Bappeda Parepare H Samsuddin Taha, Plt Kepala BKPSDMD H Gustam Kasim, Direktur RSUD Andi Makkasau dr Hj Renny Anggraeny Sari, Kabag Humas dan Protokol M Anwar Amir.

Peserta dalam seminar adalah para Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/Kota di Sulsel, akademisi, dan mahasiswa. (*)