Porkot Parepare Bertepatan Hari Pahlawan 10 November, 54 Kontingen Siap Partisipasi

PAREPARE, suaraya.news — Pekan Olahraga Kota (Porkot) Parepare 2019, dijadwalkan berlangsung 10 November 2019.

Itu berdasarkan hasil rapat pimpinan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Parepare di Gazzaz Cafe & Resto, Selasa, 8 Oktober 2019.


Penetapan waktu itu diputuskan dengan berbagai pertimbangan, di antaranya bertepatan dengan momen Hari Pahlawan Nasional.

“Jadi kita tetapkan pembukaan Porkot pada 10 November, bertepatan Hari Pahlawan. Jadwal ini akan kita konsultasikan dengan pak wali kota sekaligus meminta kesediaan beliau membuka langsung Porkot yang pertama ini,” kata Ketua KONI Parepare, Drs Parman Farid MM.

Ketua Panitia Porkot, H Edhar Abdullah mengatakan, persiapan Porkot sudah dilakukan jauh sebelumnya.

“Kami sudah rapat koordinasi dengan para kepala sekolah se-Parepare, kemudian berkoordinasi dengan Pak Kadis Pendidikan, Kadis DKOP, memantapkan kepanitiaan, meminta dukungan semua stakeholder hingga membuka pendaftaran peserta. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik dan lancar,” ungkap Edhar.

Hasil pembukaan pendaftaran hingga penutupan di Sekretariat KONI, terdata 54 kontingen asal sekolah se-Parepare, yang siap berpartisipasi.

Sementara cabang olahraga yang dipertandingkan ada 13. Pembukaan direncanakan di Lapangan Andi Makkasau, dan dirancang semeriah mungkin, tidak kalah dengan pembukaan turnamen sepak bola Walikota Cup 2019.

“Kita sudah punya rancangan untuk acara pembukaan nanti. Pokoknya meriah. Ada 54 kontingen siap berpartisipasi, semuanya akan melakukan defile. Nantinya defile peserta dipertandingkan, dan defile terbaik akan mendapatkan penghargaan,” terang Edhar.

Unsur pimpinan KONI lainnya yang ikut rapat adalah Waketum Dr Muh Nashir dan Bendahara Umum H Makmur SPd MM.

Keduanya menyarankan agar cabang olahraga yang ikut Porkot adalah potensial dan prospektif untuk perekrutan atlet masa depan Parepare, dengan target utama adalah Porda 2022 di Sinjai dan Bulukumba. (*)