Kadis Termuda, Hamka Ditantang Jadikan Pariwisata Parepare Menasional

PAREPARE, suaraya.news — Amarun Agung Hamka yang akrab disapa Hamka menjadi Kepala Dinas (Kadis) termuda di Parepare.

Dia resmi didefinitifkan menjadi Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Parepare (Disporapar), setelah sebelumnya pelaksana tugas (Plt) di usia 38 tahun.


Hamka kelahiran 3 Oktober 1981. Dia dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe dalam prosesi pelantikan di ruang pola Kantor Wali Kota Parepare, Rabu, 9 Oktober 2019.

Selama 5 bulan 7 hari menjadi Plt Kepala Disporapar, Hamka dinilai sudah menunjukkan potensi dan kapasitasnya di jabatan itu.

Salah satunya adalah kesuksesan Disporapar menggelar Festival Salo Karajae di Kawasan Tonrangeng River Side. Ini adalah sebuah festival pesisir sungai terbesar di Sulsel, bahkan Indonesia.

Karena kekagumannya, Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah yang membuka Festival Salo Karajae, meminta agar festival ini menjadi agenda pariwisata nasional di Sulsel. Saat itu juga hadir Kapolda Sulsel, Irjen Pol Mas Guntur Laupe yang merupakan putra Parepare.

“Pak Hamka ini diam-diam menghanyutkan. Berkat Festival Salo Karajae, Parepare dipanggil ke kementerian untuk menjadi agenda nasional kepariwisataan,” ungkap Wali Kota Taufan Pawe dalam pelantikan.

Hanya saja Taufan Pawe mengingatkan, setelah Festival Salo Karajae sukses, dan Hamka didefinitifkan jadi Kadis, jangan lantas diam.

Justru harus bergerak lebih kencang, memajukan pariwisata Parepare, serta potensi-potensi kepemudaan dan olahraga di Parepare.

Hamka, alumni STPDN angkatan 12, siap menjawab tantangan itu. “Kami siap menjalankan amanah dengan baik. Pariwisata adalah salah satu pilar Kota Industri Tanpa Cerobong Asap, untuk menjadikan Parepare sebagai kota tujuan sejalan dengan teori telapak kaki bapak wali kota. Demikian juga dengan kepemudaan dan olahraga. Insya Allah, Disporapar akan bekerja keras untuk mewujudkan itu,” tegas suami Ananda Febriani G Usbal ini. (*)

Adik Kakak Eselon II Termuda

Hamka, Alumni STPDN merintis karier dari Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai Staf Kecamatan Ujung Parepare kemudian ditarik ke Provinsi Sulawesi Selatan era Gubernur HM Amin Syam menjadi ajudan.

Kembali ke Parepare menjadi Lurah Labukkang, kemudian Sekretaris Kecamatan Ujung, lalu terangkat Kabag Humas dan Protokol Pemkot Parepare.

Kemudian dimutasi menjadi Sekretaris Disporapar sekaligus merangkap Plt Kadisporapar, dan sekarang didefinitifkan Kepala Disporapar.

Hamka adalah putra dari pasangan Kapten Khaeruddin Andi Saleng dan Kamalia Kamaluddin. Kakaknya Aries Agung Paewai, juga adalah pejabat eselon II termuda di Pemprov Jatim saat dilantik pada 2018.

Aries Agung, menjabat Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, adalah putra Sulsel pertama yang menjabat eselon II di Pemprov Jatim. (*)