Wali Kota Pastikan Parepare Tuan Rumah Putaran Final Piala Soeratin

PAREPARE, suaraya.news — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe memastikan Parepare akan menjadi tuan rumah babak 4 besar atau putaran final turnamen sepak bola Piala Soeratin U-17 Zona Sulsel 2019.

Kepastian itu menyusul keluarnya Surat Keputusan Asprov PSSI Sulsel nomor Skep/099/U17/ASPROV.PSSI.SS/XI/2019 tentang penunjukan dan penetapan tuan rumah Piala Soeratin U-17 putaran Ketiga Grup G, Kota Parepare, yang ditandatangani Sekretaris Umum Asprov PSSI Sulsel, M Nur Zakariah Leo, 9 November 2019.


Wali Kota Taufan Pawe merespons positif penunjukan itu, dan menekankan Parepare siap. “Tidak ada pilihan lain, kita harus beri jawaban bahwa kita siap,” tegas Taufan Pawe di hadapan Ketua Askot PSSI Parepare, M Rahmat Sjamsu Alam dan jajaran di rumah jabatan Wali Kota Parepare, Minggu, 10 November 2019.

Juga hadir dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Amarun Agung Hamka, Kepala Dinas Kominfo HM Iskandar Nusu, Kabag Humas dan Protokol M Anwar Amir, Kepala PJU Burhanuddin.

Taufan Pawe menekankan, ditunjuknya Parepare sebagai tuan rumah 4 besar Piala Soeratin sekaligus menjadi momentum mengangkat grade Parepare.

Itu karena Parepare juga tengah dilirik oleh PSM Makassar menjadi homebase atau kandang PSM menyusul tidak bisa digunakannya Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

Ini menguatkan Parepare paling siap dibanding daerah lainnya yang juga tengah dijajaki PSM menjadi homebase.

“Bahkan kita jadi HL (headline, red) di media besar terkait kesiapan menjadi homebase PSM,” ungkap Taufan.

Karena itu, Taufan meminta Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parepare berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk secepatnya membenahi Stadion Gelora BJ Habibie (GBH), tempat penyelenggaraan Piala Soeratin.

“Mari gerak peras otak demi mengangkat nama daerah kita. Kompetisi tidak bisa dielakkan, tapi costnya harus terukur dan terkendali,” ingat Taufan.

Keseriusan Taufan untuk membenahi Stadion GBH, karena dia ingin kembali mengajak CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin (Appi) hadir di Parepare, menyaksikan laga Piala Soeratin sekaligus melihat kondisi terkini GBH.

“Besok (Senin, red), Kadisporapar, bersama Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Damkar, kita turun tinjau apa yang harus dibenahi secepatnya di stadion,” ajak Taufan.

Ketua Askot PSSI Parepare, Rahmat Sjamsu Alam menimpali bahwa janji Wali Kota saat Walikota Cup menjadikan Parepare tuan rumah Piala Soeratin Terwujud.

“Ini menunjukkan keseriusan dan kepedulian Bapak Wali Kota terhadap olahraga khususnya sepak bola. Pak wali siap mendukung penuh Piala Soeratin dan sudah meminta SKPD terkait untuk membenahi stadion,” ungkap Rahmat.

Rahmat yang kerap disapa Ato mengemukakan, babak 4 besar Piala Soeratin akan berlangsung 14-17 November 2019.

Parepare sebagai tuan rumah bergabung dengan tiga tim lainnya yakni Bantaeng, Makassar, dan Sinjai di grup G.

Empat tim akan saling beradu, dan juara grup yang mewakili Provinsi Sulsel ke tingkat nasional.

“Jadi pertandingan 14-17 November 2019. Tanggal 13 November, skrening pemain dan technical meeting. Insya Allah, kami optimis bisa juara grup. Karena sebelumnya saat putaran pertama di Pinrang, dan putaran kedua di Sinjai, kami juga juara grup,” tandas Rahmat. (*)

Perjalanan Tim Soeratin Parepare

Putaran 1, Pinrang
Vs Luwu 4-1
Vs Pinrang 2-2
Vs Lutra 2-1
(Parepare Juara Grup D)

Putaran 2, Sinjai
Vs Gowa 1-0
Vs Sinjai 1-0
Vs Sidrap 2-0
(Parepare Juara Grup E)

Putaran 3, Parepare
Grup G
1. Parepare
2. Bantaeng
3. Makassar
4. Sinjai