Dinkes Bersinergi PKK Gerakan Parepare Peduli Kanker

PAREPARE, suaraya.news — Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) bersinergi Tim Penggerak PKK Kota menggelar Pertemuan Koordinasi sebagai Gerakan Parepare Peduli Kanker.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Ainun Habibie, Parepare, itu diikuti 40 peserta dari berbagai kalangan, termasuk kader PKK dan para petugas kesehatan masyarakat di seluruh Puskesmas di Parepare.

Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan menjadi salah satu pemateri yang mengulas tentang “Peranan PKK Terhadap Pencegahan Kanker Terhadap Perempuan”.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, H Iwan Asaad melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan dan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Hj Kasmawati dalam sambutannya mengemukakan, penyakit kanker adalah penyebab kematian terbanyak nomor dua di dunia.

Bahkan, kata dia, diperkirakan pada 2030 dapat mencapai hingga 26 juta orang dan 17 juta di antaranya meninggal akibat kanker.

“Data dari Dinas Kesehatan, untuk kasus rawat jalan dan rawat inap, angka penyakit Neoplasma Ganas Serviks Uteri tahun 2017 sebanyak tiga orang. Pada tahun 2018 sebanyak 10 orang dan 2019 sebanyak 12 dan meninggal 1 orang,” ungkap Kasma, sapaannya.

Panitia kegiatan, Srianti Ambar menjelaskan, Gerakan Parepare Peduli Kanker ini dapat memberikan informasi, meningkatkan kesadaran masyarakat, serta melakukan monitoring dan evaluasi terkait penyakit kanker bagi perempuan di Parepare.

Kegiatan juga dihadiri Wadir Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD Andi Makkasau, dr Ibrahim Kasim yang memberikan informasi kesehatan kepada perempuan Parepare. (*)