Pimpin Karang Taruna Parepare, Iskandar Siap Berdayakan Karang Taruna Kelurahan

PAREPARE, suaraya.news – Ketua Karang Taruna Kota Parepare, HM Iskandar Nusu berjanji akan memberdayakan potensi organisasi Karang Taruna kelurahan yang ada di semua kecamatan. Penegasan ini disampaikan Iskandar usai terpilih memimpin Karang Taruna Kota Parepare periode 2019-2024, Sabtu, 30 November 2019.

Menurutnya, keberadaan organisasi Karang Taruna di tingkat kelurahan dapat membantu pemerintah kota dalam kegiatan pembangunan daerah. Ia pun berkomitmen bersinergi dengan semua pihak, utamanya SKPD, camat dan lurah guna mengoptimalkan kinerja organisasi yang dipimpinnya.

“Kami siap mengembangkan Karang Tarung sebagai Orsos Kemasyarakatan yang mandiri dan bersetiakawanan sosial. Dalam hal ini kami siap bersinergi dengan SKPD, Camat dan Lurah untuk mendukung program Pemkot Parepare,” kata mantan Camat Bacukiki ini.

Dia berharap, Karang Taruna kelurahan terlibat pada semua sektor, termasuk dalam pengembangan sektor ekonomi guna menggali potensi ekonomi kelurahan yang ada. Terkait hal ini, langkah awal yang akan dilakukannya adalah melakukan koordinasi dan pemberdayaan organisasi guna mempersiapkan kelembagaan karang taruna kelurahan yang lebih baik.

Iskandar terpilih secara aklamasi dalam Temu Karya Daerah (TKD) ke IV Karang Taruna Kota Parepare di Hotel Pare Wisata, Sabtu, 30 November 2019. Kepala Dinas Kominfo Parepare ini diusulkan satu suara oleh pemilik suara Ketua-ketua Kecamatan, Ketua Kota dan Ketua Provinsi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Parepare, Hasan Ginca yang mewakili Wali Kota Parepare membuka Temu Karya Daerah mengatakan, untuk mengoptimalkan peran Karang Taruna dalam pembangunan Parepare diperlukan sinergitas dan kolaborasi seluruh perangkat daerah untuk bersama-sama melaksanakan program dan kegiatan di SKPD masing-masing.

“Karena selama ini Karang Taruna diidentikkan hanya berhubungan Dinas Sosial, itu harus kita luruskan. Karena seluruh SKPD harus berpartispasi dalam pembangunan kepemudaan,” ungkap Hasan.

Organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna tambah dia, dapat mengambil peran yang lebih besar dalam mengisi pembangunan daerah. Peran organisasi kepemudaan diharapkan bisa memberikan ide kepada pemerintah sehingga pembangunan di Parepare dapat berlangsung dengan baik.

Sekretaris KT Sulsel, Ir Zainal Arifin menekankan, KT harus menjadi mitra pemerintah berdasarkan Permendagri No.18/2018 KT sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan dan Permensos No.77 /Tahun 2010 KT sebagai organisasi sosial kemasyarakatan dalam bidang kesejahteraan sosial.

Sementara Ketua KT Parepare periode sebelumnya, Abdul Salam Latif meminta Karang Taruna periode baru untuk tetap mengedepankan sinergitas bersama pemerintah dan melanjutkan program-program yang strategis.

“Banyak program yang telah dilaksanakan, dan terima kasih atas kerja samanya selama ini,” tandas Salam Latif.