Semua Bergerak Jaga Parepare Tetap Bersih

PAREPARE, suaraya.news — Kepedulian tinggi ditunjukkan oleh sejumlah elemen demi menjaga Kota Parepare tetap bersih dan indah.

Semua bergerak, mulai dari SKPD, camat, lurah, sekolah, hingga masyarakat umum bersinergi membersihkan wilayahnya dari sampah.

Itu tampak dari pantauan media dalam beberapa hari terakhir. Di Kecamatan Ujung misalnya, siaga armada tiga roda pengangkut sampah yang menyusuri setiap ruas jalan, permukiman hingga lorong-lorong untuk mengangkut sampah warga.

Termasuk Kawasan Hastom (Jalan Sultan Hasanuddin-Dg Patompo), Pelabuhan Nusantara, dan Pelabuhan Cappa Ujung menjadi sasaran pembersihan dari sampah.

Camat Ujung Andi Ulfa Lanto, Lurah Labukkang Muh Yusuf Azis, dan lurah lainnya turun bersama warga berjibaku membersihkan sampah di beberapa titik.

Di Kecamatan Soreang, siaga mobil bak terbuka yang berkeliling mengangkut sampah warga. Bahkan Camat Soreang Dede Harirustaman dan Lurah Lakessi Awaluddin ikut mengawal pengangkutan sampah itu ke TPA Alloppoe hingga malam hari.

Pembersihan dan pengangkutan sampah hingga malam hari juga dilakukan aparat Kecamatan Bacukiki Barat bersama para lurah.

Camat Bacukiki Barat Fitriany tidak canggung mengomandoi pembersihan dan pengangkutan sampah di beberapa titik.

Di Kecamatan Bacukiki, tidak hanya camat dan lurah, Kepala Puskesmas Lompoe Ilham Willem bahkan ikut turun bersama warga membersihkan dan mengangkut sampah di wilayah itu.

Masyarakat pemerhati lingkungan, Ketua Forum Komunitas Hijau (FKH) Parepare, H Bakhtiar Syarifuddin mengingatkan agar masalah sampah yang tidak terangkut buntut insiden petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parepare, menjadi perhatian dan kepedulian bersama.

“Mengantisipasi tumpukan sampah masyarakat yang belum sempat terangkut oleh armada kebersihan, kami sarankan kepada seluruh SKPD yang memiliki armada jenis pick-up agar senantiasa dapat ikut serta mengambil bagian untuk bersama-sama beroperasi mengatasi tumpukan sampah itu. Demi kota yang kita cintai bersama,” harap Bakhtiar Syarifuddin (HBS). (*)