Aspirasi Musrenbang Kelurahan Parepare, Warga Minta Penerima Bantuan Jangan Itu-itu Saja

PAREPARE, suaraya.news — Beragam aspirasi masyarakat mencuat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan di Kota Parepare, Selasa, 21 Januari 2020.

Salah satunya yang terungkap di Kelurahan Labukkang, Kecamatan Ujung, adalah soal penerima bantuan pemberdayaan masyarakat yang berulang, dan masyarakat penerima bantuan tidak dilatih, sehingga terkesan bantuan itu tidak memiliki output.

“Jangan penerima bantuan yang itu-itu saja. Kemudian bantuan yang diberikan itu-itu saja. Pendataan harus bagus. Masyarakat penerima bantuan juga harus dilatih. Diberdayakan. Sehingga bantuan tepat sasaran, berguna, dan bermanfaat,” imbuh Rahman Laibi, warga Labukkang dalam Musrenbang di Kantor Kelurahan Labukkang.

Wakil Ketua DPRD Parepare, M Rahmat Sjamsu Alam yang hadir dalam Musrenbang menekankan, bantuan dan penerima yang berulang itu karena kurangnya koordinasi antar SKPD.

“Bappeda selaku leading sector harus antisipasi dini. Jangan bantuan berulang pada kelompok atau orang yang sama. Harus diatur di pagu sektoral dan dana kelurahan. Demikian juga bantuan pemberdayaan masyarakat di SKPD harus tepat sasaran dan ada outputnya,” ingat Rahmat.

Namun Rahmat mengemukakan, penerima bantuan itu juga tidak boleh asal. Harus terdata dalam Basis Data Terpadu (BDT).

Sementara besaran nilai bantuan yang disepakati di DPRD adalah Rp30 juta untuk kelompok, dan Rp15 juta untuk perorangan.

“Saya juga menekankan, seharusnya penerima bantuan itu memiliki sertifikasi keahlian. Jadi syaratnya menerima bantuan harus punya sertifikasi keahlian. Agar bantuan itu tepat sasaran dan ada output atau hasilnya. Karena tujuan bantuan ini agar masyarakat diberdayakan, mampu berusaha secara mandiri untuk menunjang perekonomian dan kesejahteraan mereka,” ungkap Wakil Ketua DPRD dua periode ini.

Dia mencontohkan, di wilayah Kecamatan Ujung, sudah ratusan mesin jahit bantuan dari Pemkot yang turun ke masyarakat, namun apa hasilnya. “Inilah yang mesti dievaluasi untuk penyaluran bantuan berikutnya,” tandas Ketua DPC Partai Demokrat Parepare ini.

Hadir dalam Musrenbang di Kelurahan Labukkang, Sekretaris Bappeda Zulkarnaen beserta jajaran, Sekcam Ujung Wahyufi Bakri, Lurah Labukkang Agus, para ketua LPMK, dan ketua RW. (*)