Sudah Punya Perwali, Parepare Bersinergi Pemprov dan PKK Sulsel Kurangi Sampah Plastik

PAREPARE, suaraya.news — Pemerintah Kota Parepare bersinergi dan mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dalam mengurangi sampah plastik.

Karena itu, Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe mengapresiasi langkah Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Hj Lestiaty F Nurdin yang turun mengkampanyekan pengurangan sampah plastik di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Parepare.

Wali Kota Taufan Pawe menekankan, kehadiran Ketua TP PKK Sulsel memberikan daya dorong dan juga dukungan untuk bersama-sama memerangi sampah plastik khususnya kalangan pelajar di Parepare.

“Ini bentuk sinergitas Pemprov dengan Pemkot, dan bentuk perhatian Ketua TP PKK Provinsi Sulsel. Tentu menjadi motivasi juga dan kekuatan kita di daerah untuk terus berbuat demi kepentingan masyarakat,” kata Taufan.

Taufan mengemukakan, Parepare sudah memiliki regulasi tentang pembatasan sampah plastik, yakni Peraturan Wali Kota (Perwali) Parepare nomor 22 tahun 2019 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Sekali Pakai.

“Langkah pengurangan sampah plastik ini kita telah susun dalam bentuk peraturan wali kota dan itu bagian dari perhatian kami agar tidak terjadi penumpukan sampah plastik yang bisa membahayakan dan bahkan menimbulkan penyakit,” ungkap Taufan.

Pemkot Parepare, kata dia, bersama para stakeholder intens mengkampanyekan pengurangan sampah plastik. Kehadiran PKK Sulsel semakin memperkuat kampanye mengurangi sampah plastik di Parepare.

“Bersama Pemerintah Provinsi dan PKK Provinsi, kita akan terus kampanyekan pengurangan sampah plastik, sehingga Parepare menuju kota zero plastik,” tandas wali kota bergelar doktor ilmu hukum ini.

Dalam kunjungan di Parepare, Ketua PKK Sulsel didampingi Ketua PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan. Juga jajaran pejabat lingkup Pemkot Parepare, di antaranya Sekda H Iwan Asaad.

Beberapa sekolah yang dikunjungi di antaranya SMAN 4, SMAN 5, lalu Panti Sosial binaan Dinas Sosial Sulsel, kerajinan tangan kerang di Kecamatan Soreang.

Ketua PKK Sulsel juga merasakan kehangatan sambutan wali kota, jajaran pejabat, dan PKK Parepare saat dijamu santap siang di Auditorium BJ Habibie, Komplek Rumah Jabatan Wali Kota Parepare. (*)