Puskesmas Lumpue Kolaborasi Karang Taruna-Pemuda Pancasila Sasar Rumah Warga Berantas Sarang Nyamuk

PAREPARE, suaraya.news — Dinas Kesehatan Kota Parepare melalui UPTD Puskesmas Lumpue kembali turun menyasar rumah warga untuk pemberantasan sarang nyamuk, Selasa, 11 Februari 2020.

Kali ini berkolaborasi bersama Ormas Karang Taruna dan Pemuda Pancasila disupport Pemerintah Kecamatan Bacukiki Barat dan Kelurahan Lumpue, Tim Puskesmas Lumpue turun Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) DBD di wilayah RW 7 RT 2, Lumpue, Bacukiki Barat, Parepare.

“Di RW 7 ini belum ada kasus DBD, tapi daerah pasca banjir jadi rawan. Temuan kami hampir setiap rumah ada lento-lentonya (jentik) jadi kami berikan bubuk abate,” ungkap Kepala Puskesmas Lumpue, Irnawaty SKM MKes.

Sebelumnya, beberapa titik rawan juga menjadi sasaran PSN. Di antaranya di wilayah Kelurahan Tiro Sompe, Cappa Galung, Sumpang Minangae, Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat.

Irnawaty mengingatkan, saat ini demam berdarah dengue (DBD) mulai menunjukkan jumlah kasus yang cukup mengkhawatirkan.

“Jadi kami mengimbau kalau ada lento-lento atau jentik di penampungan air ta, segera kuras penampungan tersebut,” ingat Irnawaty.

Dia juga berpesan, kurangi menggantung pakaian sampai berjubel-jubel di rumah. Wadah seperti kaleng, ban bekas, drum, botol dan gelas air mineral kemasan yang bisa menampung air hujan segera kubur atau ditata dengan baik sehingga tidak bisa menampung air.

“Anak-anak ta kalau ke sekolah pakaikan ki lotion anti nyamuk atau minyak telon. Biasakan pula berperilaku hidup bersih dan sehat,” harap Irnawaty.

“Kami juga berterima kasih dalam PSN ini disupport Bu Camat Bacukiki Barat, Pak Lurah Lumpue, Karang Taruna, dan Pemuda Pancasila,” lanjut Irnawaty. (*)