Musrenbang Anak Parepare Lebih Maju, Kini Ada Disabilitas dan LPKA

PAREPARE, suaraya.news — Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak Kota Parepare tahun ini lebih maju.

Itu karena tidak hanya Musrenbang Anak dimulai dari tingkat kecamatan, tapi sudah ada Musrenbang Anak Disabilitas dan Musrenbang Anak Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Hal ini diungkap Kepala Bappeda Parepare melalui Sekretaris Bappeda, Zulkarnaen di sela Musrenbang Anak tingkat Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat di Hotel Bukit Kenari, Parepare, Selasa, 18 Februari 2020.

“Pelaksanaan Musrenbang anak tingkat kecamatan untuk tahun 2020, ada penambahan lokasi pelaksanaan, yang tadinya hanya dilaksanakan di empat kecamatan akan tetapi di tahun 2020 ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk Musrenbang Disabilitas dan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA),” ungkap Zulkarnaen.

Musrenbang Anak tingkat Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat dilaksanakan di Hotel Bukit Kenari, Selasa, 18 Februari 2020.

Tingkat Kecamatan Soreang dan Ujung dilaksanakan Rabu, 19 Februari 2020 di Hotel Bukit Kenari.

Sementara Musrenbang Disabilitas dilaksanakan pada Kamis, 20 Februari 2020 di SLB Kota Parepare, dan Musrenbang Anak LPKA, Jumat, 21 Februari 2020 di LPKA Parepare.

Zulkarnaen mengemukakan, dalam penyelenggaraan Musrenbang RKPD tahun 2021 telah ditandatangani nota kesepahaman antara Wali Kota Parepare dengan DPRD Parepare tentang pagu indikatif wilayah sesuai amanat Perda nomor 1 tahun 2010, yang selanjutnya akan dijabarkan secara operasional dalam peraturan Wali Kota Parepare.

“Pagu indikatif wilayah ini memberikan ruang yang sangat signifikan kepada masyarakat untuk menentukan sendiri kebutuhan prioritasnya sekaligus memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa anggaran kebutuhan prioritas itu telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Parepare,” terang Zulkarnaen.

Hal ini, kata Zulkarnaen, menunjukkan komitmen yang kuat dari Wali Kota Parepare dan jajarannya untuk melibatkan masyarakat dan anak-anak secara aktif dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

Peserta Musrenbang Anak Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat adalah utusan dari Forum Anak yang mewakili Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat. Peserta difasilitasi oleh Fasilitator Anak Kecamatan.

“Jadi tidak ada intervensi SKPD pada Musrenbang Anak ini. Semua diserahkan ke Forum Anak tingkat kecamatan,” tandas Zulkarnaen.

Musrenbang Anak tahun ini adalah yang keempat kali di Parepare, dan kedua untuk Musrenbang Anak dimulai dari tingkat kecamatan.

Musrenbang Anak pertama berlangsung di Kebun Raya Jompie pada 2017. Musrenbang Anak kedua di Hotel Pare Wisata 2018. Musrenbang Anak ketiga di Hotel Bukit Kenari 2019. Dan, Musrenbang Anak keempat di Hotel Bukit Kenari 2020. (*)