Kondusif Penyebaran Covid-19, Wajo Siap Menuju New Normal

WAJO, suaraya.news — Kabupaten Wajo berbenah siap menuju New Normal seperti yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

Itu karena selama pandemi Covid-19, penyebaran di Wajo relatif tidak begitu signifikan. Sehingga Wajo terbilang kondusif.

Hal ini terungkap dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Wajo, di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Rabu, 27 Mei 2020.

Rapat dihadiri lengkap Bupati Wajo, H Amran Mahmud, Wakil Bupati, H Amran, Forkopimda, Sekda, Kepala OPD, Camat, dan sejumlah Ketua Ormas.

Bupati Amran Mahmud mengemukakan, Wajo masih kondusif terkait penyebaran Covid-19 berkat kerja keras Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terutama petugas yang melakukan pencatatan pelintas di perbatasan.

“Terkait rencana Pemerintah Pusat untuk melakukan New Normal, Kabupaten Wajo akan mengoptimalkan Data Base Pelintas Batas dan tindak lanjut penanganan,” ungkap Amran.

Amran juga mengatakan, perkembangan pembagian BST dan BLT masih dinamis. Kondisi masyarakat masih perlu dipahami sehingga ada rasa keadilan di masyarakat. “Bansos juga bisa menjadi momentum baik untuk memperbaiki data,” harap Amran.

Amran menekankan, rencana penerapan New Normal harus disosialisasikan. Diberikan masukan dan dikoordinasikan apa yang menjadi rencana kegiatan untuk nantinya sebagai bahan dalam mengambil kebijakan, termasuk dalam pemulihan ekonomi.

Wakil Bupati Amran menambahkan, ke depan ada perubahan kehidupan dalam penanganan Covid-19 yaitu dengan New Normal (kehidupan baru).

“Yaitu semua kegiatan akan dibuka kembali walaupun dalam pandemi. Untuk itu kita harus menyamakan persepsi,” imbuh Amran.

Selanjutnya, kata dia, ada beberapa Juknis yang harus disepakati bersama dalam penerapan New Normal. Di antaranya di pasar, restoran, tempat ibadah.

Di samping itu dalam penerapan New Normal yang paling penting adalah pengetatan pelintas yang masuk maupun keluar dari Wajo.

“Untuk penerapan New Normal sampai saat ini belum ada instruksi dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi, namun demikian Pemkab Wajo tetap menyiapkan langkah dan syarat apa saja dalam pemberlakuan New Normal, sambil menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi,” tandas Amran. (*)

Reporter: Andi Erwin, Wajo