Memprihatinkan, Pemkab Wajo Diminta Perhatikan Jalan Rusak

WAJO, suaraya.news — Beberapa titik ruas jalan di Kota Sengkang, Wajo, sudah mengalami kerusakan.

Salah satunya Jalan Serikaya, menuju BTN Grand Hill. Ruas jalan tersebut terdapat beberapa titik yang sudah rusak dan berlubang.

Kondisi sama ditemukan di ruas Jalan Kejaksaan, sekitar Kantor Kejari Wajo dan Kodim 1406 Wajo. Memprihatinkan, karena kerusakan jalan itu membuat rentan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Indra, warga Kota Sengkang, mengungkapkan kalau banyaknya jalan yang berlubang di Wajo khususnya Kota Sengkang, perlu perhatian serius Pemkab Wajo, khususnya SKPD teknis terkait.

“Kami selaku warga pengguna jalan sangat memerlukan adanya perhatian Pemkab khususnya Dinas PU untuk segera melakukan perbaikan atau penambalan jalan,” pinta Indra, Kamis, 28 Mei 2020.

Ditemui terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Tugas Anti Lubang Dinas PU Wajo, Hikmawan ST mengaku, sudah melakukan pekerjaan di beberapa titik termasuk rencana Jalan Serikaya menuju BTN Pepabri dan beberapa titik jalan lainnya di 14 kecamatan di Wajo.

“Kami selalu siap siaga setiap ada pelaporan warga terkait dengan jalan yang berlubang. Namun demikian tentu kami tidak serta merta langsung mengerjakannya, karena ada beberapa syarat yang mesti dulu disesuaikan termasuk anggarannya,” katanya.

Anggaran perbaikan tergantung kerusakan jalan. Jika perbaikan kerusakan jalan membutuhkan anggaran di atas Rp50 juta, kata Hikmawan, harus melalui proses lelang.

Anggaran perbaikan jalan yang diusulkan untuk Satgas Anti Lubang Dinas PU, Penataan Ruang dan Pertanahan Wajo tahun ini senilai Rp4 miliar. (*)

Reporter: Andi Erwin, Wajo