Buat Lampu Jalan Berkualitas, PJU Dinas PUPR Parepare Ganti Merkuri Jadi LED

PAREPARE, suaraya.news — Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare, mengganti lampu jalan dari bahan Merkuri ke LED.

Tujuannya agar lampu jalan yang menerangi Kota Parepare di malam hari lebih berkualitas.

“Kita mulai tata kualitas lampu jalan kami. Sehingga kualitas lampu yang dihasilkan bisa lebih baik dan terang. Sementara beban biaya listrik bisa dikurangi dengan mengurangi beban watt lampu jalan tersebut,” ungkap Kepala UPTD PJU Dinas PUPR Parepare, Burhanuddin.

Bur sapaannya, mengaku, jika sampai saat ini dimulai dari Jalan Jend Ahmad Yani hingga Jalan Abubakar Lambogo sudah mulai ditata dan diganti jenis lampunya.

“Sudah ada beberapa yang kita ganti dari Merkuri ke LED. Kelebihan dari pada LED ini karena cahaya terang sementara beban watt hanya 90 watt saja. Sedangkan Merkuri itu kualitas penerangan sama sementara beban yang digunakan itu sebanyak 250 watt. Sehingga saat starting pertama itu langsung menggunakan 450 watt,” terang Bur.

Kepala Dinas PUPR Parepare, H Laetteng mengatakan, PUPR melalui PJU sementara menata lampu jalan, demi efisiensi anggaran dan juga efektivitas pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan penerangan lampu jalan yang baik, maka akan berdampak pada kondisi tatanan kota yang baik pula. Teorinya semakin terang maka itu akan berdampak pada kurangnya tindak kriminal,” tandas Laetteng. (*)