Legislator Sulbar Hamsah Sunuba Yakinkan Uji Kepatutan Calon KIP Obyektif dan Transparan

MAMUJU, suaraya.news — Komisi I DPRD Provinsi Sulbar melakukan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan terhadap para calon anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Sulbar, selama dua hari, Selasa dan Rabu, 30 Juni 2020-1 Juli 2020.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulbar, Hamsah Sunuba menyatakan uji kepatutan ini berlangsung secara obyektif dan transparan agar dihasilkan komisioner KIP yang betul-betul paham dengan regulasi dan tentu saja berintegritas.

“Kami berharap agar anggota KIP Sulbar yang terpilih nanti betul-betul paham dengan regulasi khususnya terkait undang-undang keterbukaan informasi publik. Dan, yang terpenting tentu saja harus berintegritas,” harap Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sulbar ini, Selasa, 30 Juni 2020.

Pembukaan pelaksanaan uji kepatutan dan kelayanan ini berlangsung di ruang rapat pimpinan Gedung DPRD Sulbar, Mamuju.

Hadir Sekda Sulbar Muhammad Idris, Kepala Dinas Kominfo Sulbar Safaruddin Sanusi, Sekretaris DPRD Sulbar Abd Wahab Hasan Sulur, Ketua Komisi I DPRD Sulbar Syamsul Samad, para anggota Komisi I, para calon anggota KIP Sulbar, dan undangan lainnya.

Saat memberikan sambutan, Usman Suhuriah mengatakan, pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test ini merupakan salah satu tugas penting yang diamanahkan oleh Undang Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Olehnya itu, dia berharap kepada para calon komisioner KIP Sulbar untuk mengeksplorasi dan mengeluarkan semua kemampuan yang dimilikinya saat tes agar nantinya bisa menjadi komisioner yang berintegritas, paham betul tentang tugas pokok dan fungsi lembaga KIP.

Proses uji kepatutan dan kelayakan ini berlangsung  secara live di Facebook melalui akun Humas DPRD Sulawesi Barat. Ada 14 orang yang mengikuti uji kepatutan, setelah melalu berbagai tahapan seleksi yang dilakukan oleh Pemprov Sulbar melalui Dinas Kominfo.

Dari hasil uji kepatutan yang dilakukan oleh Komisi I DPRD akan ditetapkan lima orang anggota KIP Sulbar terpilih periode 2020-2024 yang nantinya akan dilantik oleh Gubernur Sulbar. (*)