Pakai LED, UPTD PJU Dinas PUPR Parepare Bisa Efisiensi Anggaran

PAREPARE, suaraya.news — Penggunaan lampu jalan dengan bahan Light Emitting Diode (LED), UPTD Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Parepare, menghemat anggaran belanja pembayaran lampu jalan senilai Rp100 juta pada 2020 ini.

Hal ini diungkap Kepala UPTD PJU Dinas PUPR Kota Parepare, Burhanuddin. Bur, sapaannya mengaku, pada 2019 hingga Januari 2020, Pemerintah Kota Parepare melalui PJU masih membayar beban listrik untuk lampu jalan senilai Rp500 juta lebih.

“Sejak Februari 2020, selama kita mulai efektif menggunakan lampu bahan LED kita berhasil menekan pembayaran listrik untuk lampu jalan kurang lebih Rp100 juta. Sehingga total pembayaran beban listrik saat ini senilai Rp400 juta lebih dari sebelumnya Rp500 juta,” ungkap Bur.

“Ini kita bisa hemat dari sebelumnya sehingga anggarannya bisa digunakan untuk keperluan lain, yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat secara umum,” lanjut Bur.

Kepala Dinas PUPR Parepare, H Laetteng mengemukakan, dengan penggunaan lampu LED ini memberikan berbagai dampak baik. Selain kualitas lampu yang baik, juga pada beban biaya yang berkurang.

“Itu kelebihannya karena kita bisa menggunakan lampu dengan watt yang rendah, tapi kualitas pencahayaan tetap sama bahkan bisa lebih dari yang sebelumnya. Dan efisiensi anggaran. Karena itu sesuai arahan Bapak Wali Kota untuk menggunakan LED karena kualitas baik dan kuantitas juga baik,” tandas Laetteng. (*)