Layanan Kepegawaian Aplikasi EWAKO, Berkas Kenaikan Pangkat Tidak Lagi Gunakan Kertas

PAREPARE, suaraya.news — Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Parepare mengikuti pelaksanaan Rakornis Kepegawaian Wilayah Kanreg IV BKN Makassar, 1-3 Juli 2020.

Kegiatan berlangsung secara virtual dengan aplikasi zoom meeting. Kegiatan juga ditandai dengan launching Aplikasi EWAKO.

Sekretaris BKPSDMD Kota Parepare, Adriani Idrus yang mewakili Kepala BKPSDMD mengatakan, kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Regional IV BKN Makasaar, dan pemaparan materi layanan kepegawaian.

“Materi masing-masing dibawakan oleh Kepala Bidang INKA, Kabid Mutasi dan Status Kepegawaian, Kabid Pengangkatan dan Pensiun, Kabid Pengawasan dan Supervisi Kepegawaian. Itu berlangsung pada 1 Juli,” terang Adriani.

Lalu pada 2 Juli 2020, pemaparan layanan Aplikasi EWAKO dalam layanan Mutasi dan Status Kepegawaian oleh Kabid Mutasi dan Status Kepegawaian bersama Pranata Komputer.

Sedangkan pada 3 Juli 2020, pemaparan mekanisme pengusulan pemberian pertek pensiun dan NIP CPNS dalam bentuk digital dokumen melalui aplikasi EWAKO sebagai pendamping SaPK. Dan diskusi terkait permasalahan-permasalahan pemberhentian PNS dan pengangkatan CPNS.

“Nah pada Rakornis Kepegawaian tanggal 2 Juli 2020, dalam aplikasi EWAKO terkait kepangkatan sudah dimulai untuk kenaikan pangkat periode Oktober 2020, usul berkas kenaikan pangkat sudah tidak lagi menggunakan kertas (lesspaper). Tapi semua berkas discan berformat PDF,” ungkap Adriani.

Karena itu, kata Adriani, maka berkas kenaikan pangkat periode Oktober 2020 yang sudah masuk ke BKPSDMD Parepare akan dikembalikan ke SKPD masing-masing untuk di-PDF-kan terlebih dahulu dan disetor kembali ke BKPSDMD. (*)