Tim Koordinasi Pengawas Obat dan Makanan Parepare Siap Terus Giatkan Pemantauan Demi Jamin Pangan Aman Bagi Masyarakat

PAREPARE, suaraya.news — Tim Koordinasi Pengawas Obat dan Makanan bentukan Pemkot Parepare siap terus menggiatkan pengawasan usaha kuliner di Parepare, demi menjamin pangan aman bagi masyarakat.

Itu menyusul ditemukannya beberapa warung makan, toko, dan industri rumahan kuliner yang belum terjamin higienitasnya saat tim turun memonitoring dan evaluasi, Selasa, 7 Mei 2020.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Dr. Hj Halwatia yang turun memimpin tim mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan edukasi keamanan makanan serta memberikan imbauan agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini termasuk makanan jadi maupun masih berupa bahan atau bumbu masak yang digunakan kita monitoring. Salah satu warung makan tadi kita lakukan evaluasi dan edukasi karena masih dianggap belum memenuhi standar kesehatan,” ungkap Halwatia.

Dia mengaku, akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan kembali termasuk tempat usaha dan bahan yang digunakan oleh warung tersebut.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini, seluruh penyedia makanan yang ada di Kota Parepare dapat memenuhi standar kesehatan sehingga warga Parepare bisa sehat dan terhindar dari penyakit.

Dalam kegiatan ini, tim juga mengambil beberapa sampel untuk diteliti sehingga nantinya akan diketahui apakah makanan atau bahan makanan tersebut memenuhi standar kesehatan atau tidak.

“Kita akan berikan teguran jika nantinya ada hasil dari sampel tersebut ada yang melanggar standar kesehatan,” tegas Halwatia.

“Tidak lupa pula kita melakukan imbauan kepada pemilik toko, penjual dan pengunjung yang kita kunjungi agar senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan Bapak Wali Kota Parepare,” tandasnya. (*)

Reporter: Risal, Parepare