Tim Koordinasi Pengawas Obat dan Makanan Parepare Turun Pastikan Higienitas Pangan, Wali Kota Ingatkan Protokol Kesehatan

PAREPARE, suaraya.news — Tim Koordinasi Pengawas Obat dan Makanan bentukan Pemerintah Kota Parepare kembali turun memonitoring dan mengevaluasi keamanan dan sanitasi pangan di beberapa industri rumahan di Parepare, Selasa, 7 Juli 2020.

Tim yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan ini memonitoring langsung beberapa industri rumahan, rumah makan, dan toko kuliner di Parepare.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Dr. Hj Halwatia yang memimpin tim mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengamati langsung secara kasat mata, monitoring serta evaluasi guna memastikan industri rumahan di Parepare sudah memenuhi standar keamanan dan sanitasi pangan.

“Kami turun bersama tim ada dari Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Satpol PP, BPBD, Dishub untuk melakukan evaluasi terhadap keamanan makanan, baik yang diproduksi langsung maupun yang masih dalam bentuk baku. Kita baru melihat tadi salah satu warung makan yang belum memenuhi standar. In Sya Allah kami akan evaluasi kembali tempatnya maupun persediaan bahan pangan bagi pengusaha makanan,” ungkap Halwatia yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare.

Dalam monitoring tersebut, Halwatia juga mengimbau kepada pelaku usaha kuliner agar dapat menerapkan prinsip higienis dan sanitasi pangan. Sanitasi pangan yang tidak tepat adalah faktor yang dapat berperan sebagai penyebaran penyakit bawaan makanan serta berdampak pada kesehatan konsumen yang mengkonsumsinya.

“Kami berharap semua industri rumahan yang ada di Kota Parepare dapat berjalan sesuai standar kesehatan dan penyediaan bahan pangan. Kami akan berikan teguran setelah ada hasilnya, karena beberapa sampel makanan telah kita ambil untuk dijadikan bahan pemeriksaan di laboratorium kami. Kami juga akan duduk bersama dengan tim, terkait teguran apa yang akan diberikan kepada masing-masing home industri yang ada di Kota Parepare,” ingat Halwatia.

Selain monitoring dan evaluasi keamanan pangan, kegiatan ini juga dilakukan bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk memastikan penegakan protokol kesehatan berjalan.

Wali Kota Parepare sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Parepare, Dr HM Taufan Pawe mengingatkan agar para pelaku usaha, termasuk di bidang kuliner memperhatikan prosedur tetap (protap) kesehatan, termasuk dalam penyajian makanan.

“Mohon kita jaga kebersihan makanan yang kita olah untuk diperjualbelikan. Pastikan standar dan protap kesehatan terus diperhatikan agar Covid-19 dapat segera berlalu,” harap Taufan Pawe. (*)

Reporter: Risal, Parepare