Apindo Sulsel dan Unhas Kembangkan Kebun Sayur Dalam Kota Makassar

MAKASSAR, suaraya.news — Dewan Pimpinan Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPP Apindo) Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) mengembangkan perkebunan sayur di dalam Kota Makassar.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPP Apindo Sulsel, La Tunreng, Minggu, 2 Agustus 2020. Dia menjelaskan, selain untuk menyediakan tempat praktikum bagi mahasiswa pertanian, proyek kerja sama ini juga bertujuan untuk menghasilkan produk sayuran berkualitas bagi masyarakat Kota Makassar. Dan tujuan yang paling utama adalah untuk memanfaatkan lahan kosong milik para pengurus Apindo Sulsel yang berpotensi untuk kebun sayur.

“Di era seperti sekarang ini, kolaborasi merupakan solusi efektif untuk mencapai sebuah tujuan. Karena dengan berkolaborasi, para stakeholder dengan masing-masing sumber daya yang mereka miliki jika dipadukan akan bisa menghasilkan produk yang bernilai ekonomi,” terang anggota pengawas BPJS Kesehatan ini.

Sementara itu, Sekretaris Umum DPP Apindo Sulsel, Yusran IB Hernald usai menerima mahasiswa KKN secara resmi mengatakan, bentuk kerja sama ini berupa Kuliah Kerja Nyata Tematik Ketahanan Pangan. Selanjutnya, Mahasiswa KKN akan bertugas mengelola kebun sayur tersebut, mulai dari pembibitan, perawatan, serta pascapanen. Sementara Apindo bertugas memasarkan produk yang dihasilkan.

Koordinator Kuliah Kerja Nyata Tematik Ketahanan Pangan Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Abdul Mollah Jaya menjelaskan, peserta KKN sebanyak 14 mahasiswa. Mereka berasal dari Program Studi Agroteknologi dan Keteknikan Pertanian.

“Lengkap ya, mereka ada yg spesialis budidaya pertanian, ilmu tanah, pascapanen, hama dan penyakit tumbuhan, serta teknologi pertanian. Mudah-mudahan selama kurang lebih satu bulan ke depan mereka mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh di dunia industri seperti sekarang ini,” harap Mollah.

Turut hadir pada serah terima mahasiswa KKN tersebut antara lain Koordinator Bidang Properti DPP Apindo Sulsel, Hamim Prasidi, Supervisor KKN, Dr Heri Iswoyo, Dr Suleha, serta Dosen Pendamping KKN, Samsuar, STP., M.Si. (*)