Budi Rusdi Resmi Kepala DLH, Gustam BKPSDMD, Laetteng Perkimtan, Muhlis Kesbangpol, Wali Kota Parepare Ingatkan Jabatan Bukan Hak, Tapi Penilaian

PAREPARE, suaraya.news — Gerbong mutasi pejabat lingkup Pemkot Parepare bergerak di awal 2021.

Itu ditandai dengan pelantikan dan pengampilan sumpah jabatan empat pejabat eselon IIB dan dua pejabat eselon IIIA oleh Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Jumat, 22 Januari 2021.

Empat pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon IIB yang dilantik itu adalah Budi Rusdi menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parepare, Gustam Kasim Kepala BKPSDMD Parepare, Laetteng Kepala Dinas Perkimtan Parepare, dan Muhlis Salam Kepala Badan Kesbangpol Parepare.

Sementara pejabat administrator atau eselon IIIA yang dilantik adalah Abd Waris Muhiddin sebagai Sekretaris Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DKOP) Parepare dan Wahyuni Kabag Kesra Pemkot Parepare.

Budi Rusdi yang sebelumnya menjabat Sekretaris DLH dipromosi menjadi Kepala DLH setelah menempati peringkat pertama hasil seleksi terbuka belum lama ini.

Gustam Kasim digeser dari Kepala Dinas Perkimtan menjadi Kepala BKPSDMD. Lalu Laetteng dimutasi dari Kepala Dinas PUPR menjadi Kepala Dinas Perkimtan. Dengan demikian Kepala Dinas PUPR yang sebelumnya dijabat Laetteng lowong. Serta Muhlis Salam dari Staf Ahli Bidang Ekonomi menjadi Kepala Badan Kesbangpol.

Sedangkan Abd Waris dirotasi dari Kabag Kesra Pemkot Parepare menjadi Sekretaris DKOP. Wahyuni yang mendapat promosi dari Pengadministrasi Umum UPTD SKB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare (non eselon) menjadi Kabag Kesra (eselon IIIA) menggantikan Abd Waris.

Kepada pejabat yang dilantik, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe berpesan bahwa mutasi jabatan adalah salah satu upaya penyegaran bagi pejabat, sedangkan promosi jabatan adalah salah satu bentuk penghargaan yang diberikan pemerintah kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah memenuhi berbagai persyaratan tertentu.

“Dengan demikian jabatan bukanlah hak, akan tetapi merupakan amanat dari pemerintah yang berisi serangkaian tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan dan dipertanggungjawabkan. Selamat kepada pejabat yang baru saja dilantik,” ingat Taufan Pawe. (*)