IBI Parepare Ikut Berdonasi Bagi Korban Gempa Bumi Sulbar dan Pengungsi

PAREPARE, suaraya.news — Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Parepare ikut berdonasi bagi korban gempa bumi di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Donasi berupa dana itu ditransfer langsung ke rekening Pengurus Daerah IBI Sulbar untuk disalurkan kepada para korban, sesaat setelah terjadi gempa bumi di Mamuju dan Majene.

Namun karena masih banyak pengurus IBI Parepare yang ingin berdonasi, sehingga dana yang terkumpul diberikan langsung kepada pengungsi asal Sulbar yang datang ke Parepare.

Ketua PC IBI Parepare, Kurnia Basrah, AMd.Keb bersama pengurus lainnya turun langsung mengunjungi dan memberikan bantuan kepada para pengungsi di beberapa titik di Parepare, termasuk membesuk korban tertimpa reruntuhan bangunan yang tengah dirawat di RSUD Andi Makkasau.

Kunjungan dilakukan oleh segenap pengurus inti PC IBI Parepare, di antaranya ketua, Wakil Ketua I Harima M, S.ST, M.Keb, Wakil Ketua II Kasna, S.ST, M.Keb, Sekretaris Cece Armuli, AMd.Keb, Bendahara Agustina, S.ST, dan Seksi Humas, Dewi Sartika, SKM.

“Jadi kunjungan terhadap korban gempa bumi Sulbar pada 21 Januari 2021 diawali dengan membesuk yang sedang dirawat di RSUD Andi Makkasau. Korban adalah pasien post op fraktur akibat tertimpa reruntuhan bangunan,” ungkap Wakil Ketua II Bidang Pelayanan, Pendidikan dan Penelitian IBI Parepare, Kasna, S.ST, M.Keb, Jumat, 22 Januari 2021.

Setelah itu, pengurus IBI mengunjungi keluarga Irman Arif, warga Jalan Bau Massepe, Mamuju, yang mengungsi di Jalan Kejayaan Blok G, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki, Parepare.

“Masya Allah, kita disambut oleh Pak Camat, Pak Lurah, staf kelurahan, Ketua RW/RT setempat serta perwakilan pemuda. Dan diantar menemui para pengungsi yang ternyata masih sangat trauma,” kata Kasna.

Kunjungan selanjutnya ke keluarga Mukhlis Sanusi/Ny Novayanti, pengungsi dari Jalan Bau Massepe, Mamuju, yang berada di wilayah perbatasan, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare.

Dalam kunjungan itu, pengurus IBI menyerahkan bantuan berupa uang tunai dan paket Sembako seperti beras, telur, dan mi instan. “Intinya kami turut membantu Pemkot Parepare dalam menyalurkan donasi bagi korban gempa bumi di Sulbar. Mudah-mudahan bantuan kami sedikit dapat meringankan beban para saudara kita korban pengungsi asal Sulbar,” harap Kasna yang juga Kepala Bidang Pelayanan, Promosi dan SDK Dinas Kesehatan Parepare.

Rencananya, IBI Parepare, Sabtu besok, 23 Januari 2021, masih akan mengunjungi pengungsi asal Sulbar yang ditempatkan di rumah singgah milik Dinas Sosial Parepare. (*)